BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Jelang Musim Tanam, Koramil Gelar Selamatan
Jelang Musim Tanam, Koramil Gelar Selamatan

Jelang Musim Tanam, Koramil Gelar Selamatan

Dalam setahun ini, TNI melalui Kodim dan Koramil secara khusus memang diminta untuk mengawal pertanian di masing-masing territorial. Hal ini ditujukan untuk membantu pemerintah dalam mencapai swasembada pangan. TNI diminta untuk membantu ragam masalah pertanian. Atas dasar ini, TNI dari Koramil 01 Jepara menggelar selamatan sekaligus koordinasi menjelang musim tanam di akhir tahun ini, Selasa (3/11) di aula Makoramil 01 Jepara.

Hadir dalam selamatan itu Pasi Ops Kodim 0719 Jepara, Kapolsek dan Muspika Jepara Kota, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Kordinator PPL beserta kelompok tani, serta Persatuan Istri Tentara (Persit). ”Tanda-tanda hujan akan segera turun sudah terlihat. Maka persiapan untuk musim tanam harus segera dilakukan. Termasuk menghimpun permasalahan yang ada saat ini,” kata Danranmil 01 Jepara, Kapten Inf Nur Khamid. Selain itu juga untuk mengetahui sejumlah persiapan dan program- program yang dilakukan para petani untuk menyambut masa tanam itu. Termasuk inovasi yang dilakukan kelompok tani untuk mendongrak hasil panen. Dalam pertemuan itu, ditemukan sejumlah permasalahan yakni mengenai sistem irigasi dan kebutuhan alat dan mesin pertanian yang masih kurang. Masih ada sebagian lahan pertanian warga di Kecamatan Jepara Kota yang tidak memilik jaringan irigasi tersier, tapi baru sistem irigasi bertahap.

Bahkan di area persawahan Barus Desa Kedungcino, ada saluran irigasi yang rusak. ”Meski hanya sedikit, kemungkinan akan menganggu aliran air. Sebab meski sudah ada saluran irigasi baru, saluran irigasi yang rusak itu masih dibutuhkan oleh sebagian lahan,” ungkap dia. Terkait masalah irigasi ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan intansi terkait.

Hal ini perlu segera ditanggapi karena pertanian di Jepara Kota tergolong baik. Tiap hektare lahan pertanian, panen bisa mencapai 9 ton. Dengan lahan pertanian seluas 364. 412 hektare, lahan yang produksi mencapai 707.412 hektare selama masa tanam (MT) I hingga III.

Secara umum, selamatan yang dibuka dengan pembacaan manaqib ini bertujuan untuk meminta keselamatan atas segala program yang dijalankan anggota TNI. Lebih khusus, sekaligus sebagai tasyakuran anggota Koramil, Sertu Syaifullah yang mengakhiri masa dinasnya karena memasuki masa persiapan pensiun (MPP).

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer