BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kapolres Wonosobo Buka TMMD Sengkuyung Tahap II 2015
Kapolres Wonosobo Buka TMMD Sengkuyung Tahap II 2015

Kapolres Wonosobo Buka TMMD Sengkuyung Tahap II 2015

Dalam rangka mempercepat pembangunan infrastruktur di daerah terpencil, Kodim 0707/Wonosobo menyelenggarakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2015 yang menargetkan bisa menyelesaikan rolak jalan dan perbaikan 17 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Manggis, Kecamatan Leksono.Pembukaan TMMD ditandai dengan penyerahan peralatan kerja secara simbolis dan pemukulan gong oleh  Irup Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah S.H.,S.I.K.,M.Hum, dalam upacara pembukaan di lapangan desa Manggis Leksono, Kamis 8 Mei. Kegiatan yang direncanakan selama 21 hari tersebut akan melibatkan kurang lebih dari 250 orang, dari unsur TNI, warga masyarakat setempat, anggota Polres, hingga para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Kecamatan Leksono.

Untuk sektor fisik, selain pembangunan rolak telasah sepanjang 734,23 dengan lebar 3 meter di serta pekerjaan gorong-gorong plat di 2 lokasi dengan ukuran 0,60 x 0,60 x 6,50, TNI bersama warga masyarakat juga akan memperbaiki 1 mushola dan 2 pos keamanan lingkungan (Poskamling) yang terletak di desa Manggis.17 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) juga akan direhab menggunakan dana APBD Kabupaten Wonosobo, serta pembuatan jambanisasi bagi masyarakat sejumlah 5 buah.

Sementara, untuk sektor non fisik, TMMD memfokuskan kegiatan pada penyuluhan kepada masyarakat, terkait bela negara, wajardikdas 12 tahun dan pemberantasan buta aksara, KB dan kesehatan, penanganan kamtibmas, seputar pertanahan dan hukum perkawinan, dengan pemateri berasal dari Kodim, Disdikpora, Badan KB, Dinas Kesehatan, Polres,  Kantor Pertanahan dan kantor Pengadilan Agama.

Diharapkan dengan adanya kegiatan, baik fisik maupun non fisik tersebut, tujuan TMMD, yaitu untuk percepatan pembangunan desa tertinggal, peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, hingga pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan daerah akan dapat tercapai. Selain itu, TMMD juga diharapkan dapat meningkatkan kemandirian masyarakat, meningkatkan kesadaran bela negara dan disiplin bagi masyarakat perdesaan, hingga meningkatkan kemanunggalan TNI/POLRI dengan masyarakat.

Pelaksanaan TMMD bertujuan membantu Pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik maupun non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh. Serta membantu peningkatan akselerasi pembangunan didaerah, melaksanakan kegiatan serbuan territorial mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh serta memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI-rakyat.

Pelaksanaan TMMD tahap II ini merupakan lanjutan program TMMD tahap I sehingga bisa terhubung dua desa yaitu desa Tlogo Sukoharjo dengan Desa Manggis Lekosono.  Sehingga diharapkan dengan selesai program tersebut maka akan mempermudah transportasi antar dua desa tersebut dalam upaya membawa hasil bumi khususnya buah salak.  Sebab desa Manggis dan Tlogo merupakan sentra penghasil salak.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer