BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Karya Bhakti Dalam Rangka Gerakan Sungai Bersih dan Sehat
Karya Bhakti Dalam Rangka Gerakan Sungai Bersih dan Sehat

Karya Bhakti Dalam Rangka Gerakan Sungai Bersih dan Sehat

Demak. Jum’at (12/6), bertermpat di Sungai Pelayaran SPBU Batu Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak, Kodim 0716/Demak,Polres Demak,Unsur Muspida dan Masyarakat di sekitar Sungai Pelayaran Demak Mengadakan Karya Bhakti Pembersihan Sungai Sepanjang Sungai Pelayaran. Dandim 0716/Demak Letkol Inf Nanang  T.T Wibisono S.A.P  yang di wakili oleh Kepala Staf Kodim Mayor Inf Muh.Darojat S,Ag Mengambil Apel Karya Bhakti kepada Perwakilan masing masing Instansi. Dalam kesempatan itu Kasdim menyampaikan Karya Bhakti peduli sampah itu sasarannya adalah dengan membersihkan sampah serta selokan-selokan. Sehingga apabila terjadi hujan tidak rawan banjir dan pada saat ini lagi musim kemarau sehingga proses pembersihan lebih mudah, serta mengurangi bibit-bibit penyakit.Untuk pembersihan sampah di sungai dilakukan agar air lebih lancar, hingga bisa dimanfaatkan mengairi lahan sawah para petani.

Karena itu, Sungai Pelayaran menjadi titik sektor utama Kodim 0716/Demak menggiatkan gerakan sungai bersih dan sehat. Dandim 0716/Demak Letkol Inf Nanang T.T Wibisono melalui Danramil Sayung Kapten Inf Suparjan mengatakan, tingginya sedimentasi Sungai Pelayaran ini karena posisi wilayahnya berada di daerah hilir.

“Sungai ini pernah meluap ketika intensitas dan curah hujan tinggi pada beberapa bulan lalu. Saat itu air laut sedang pasang, debit sungai semakin tinggi sehingga meluap ke daratan,” katanya, di sela-sela kegiatan karya bakti membersihkan Sungai Pelayaran.

Hanya saja, kegiatan Jumat bersih ini baru sebatas membersihkan sampah dan tanaman liar yang tumbuh di atas sungai. Gerakan sungai bersih dan sehat ini merupakan tindak lanjut dari gerakan kebersihan nasional sekaligus dalam rangka rangkaian kegiatan hari Bayhangkara ke 69 tahun 2015 bagi Polres Demak. Saat ini, gerakan tersebut diisi dengan aksi gotong-royong dan bersih-bersih sungai yang tidak hanya melibatkan unsur TNI dan Polri, tapi juga seluruh komponen masyarakat.

“Kami berharap aksi ini bisa memberi contoh masyarakat mengingat mereka masih sering membuang sampah ke sungai. Kalau soal sedimentasi lumpur itu menjadi kewenangan instansi pengairan dan semoga segera dikeruk,” tukasnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer