BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Kasdam IV/Diponegoro Memberi Kuliah Umum di IAIN Walisongo
Kasdam IV/Diponegoro Memberi Kuliah Umum di IAIN Walisongo

Kasdam IV/Diponegoro Memberi Kuliah Umum di IAIN Walisongo

Sebanyak 2.971 mahasiswa baru IAIN Walisongo mengikuti kuliah umum Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Ibnu Darmawan yang mewakili Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Sunindyo, berlangsung di Aula Kampus 3 (1/9).

Kuliah umum dibuka Rektor IAIN Walisongo Prof Dr. Muhibbin M.Ag sekaligus memulai kuliah perdana semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Narasumber kedua yaitu Dosen Fakultas Ushuluddin  Dr. Musyafiq, M.Ag dengan tema  urgensi sirah nabawiyah bagi pemahaman hadis nabawi.

Dalam sambutannya, Brigjen TNI Ibnu Darmawan menyampaikan bahwa mahasiswa turut berperan dalam membela negara dengan belajar yang rajin dan tekun, harapannya kedepan dapat menjadi pemimpin bangsa yang mampu membawa bangsa Indonesia menjadi lebih sejahtera.

“Mahasiswa harus memiliki kekuatan bela negara yang terdapat pada patriotisme, lima dasar bela negara diantaranya cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai falsafah bangsa dan ideologi negara, rela berkorban demi bangsa dan negaa”, jelas Kasdam IV/Diponegoro.

Dijelaskan lebih lanjut, wawasan kebangsaan yaitu cara pandang tentang diri dan lingkungannya oleh cita-cita dan tujuan nasional sebagai warga Negara Indonesia wajib membela negara. Caranya dengan melakukannya sesuai dengan profesi masing-masing.

Sementara itu, Rektor IAIN Walisongo Prof Muhabbin menyampaikan bahwa pemerintah membuat aturan baru mempersingkat batas maksimal durasi masa pendidikan sarjana (S1) dari semula maksimal tujuh tahun menjadi paling lambat lima tahun. Aturan baru itu tertuang dalam Permendikbud 49/2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Dalam aturan itu ditentukan beban belajar minimal mahasiswa S-1/D4 adalah 144 SKS (satuan kredit semester). Untuk menuntaskan seluruh beban SKS tadi, mahasiswa S-1/D4 diberi batas waktu 4-5 tahun (8-10 semester).

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer