BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kasdim 0701/Banyumas Hadiri Rapat Lounching Kebun Raya Baturaden
Kasdim 0701/Banyumas Hadiri Rapat Lounching Kebun Raya Baturaden

Kasdim 0701/Banyumas Hadiri Rapat Lounching Kebun Raya Baturaden

Bertempat di ruang rapat Sekda Kab. Banyumas dilaksanakan rapat lounching kebun raya Baturaden. Rapat dipimpin oleh Asekbang Kab. Banyumas Ir Didi Rudwianto, Msi dan di hadiri oleh Kasdim 0701/Banyumas Mayor Amir, SPd, SKPD Kab. Banyumas, Danramil 02/Baturaden, Kapolsek Baturaden serta tamu undangan. Selasa (8/12)

Menurut Asekbang Ir Didi Rudwianto bahwa Kebun Raya Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah akan dibuat semakin menarik dengan ribuan spesimen tumbuhan. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah segera mempunyai Kebun Raya dengan konsep terpadu, dan terlengkap untuk semua jenis tanaman. Kebun Raya tersebut saat ini tengah dikembangkan di kawasan wisata Baturaden, Kabupaten Banyumas. Kebun yang disiapkan seluas 143,5 hektar.

“Kebun Raya Baturaden akan dirancang sebagai kawasan konservasi dengan koleksi flora yang tertata. Kebun ini berfungsi sebagai wahana penelitian, pendidikan, jasa, lingkungan hingga untuk keperluan pariwisata,” jelas Asekbang.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kebun yang akan dikembangkan di konsep dengan beberapa zona. Ada zona utama, zona alternatif, zona kantor, zona koleksi dan zona hutan. Untuk mendukung itu, zona koleksi akan dibuat paling luas dengan luasan 54 persen, hutan 25 persen, sisanya untuk zona lainnya. Kebun ini memiliki koleksi tumbuhan sebanyak 2.637 spesimen atau contoh tanaman, dengan 571 spesies. Spesimen tanaman yang ada baik yang tanaman pada umumnya, dan tanaman langka. Menurut pengelola, masih banyak tumbuhan yang ada di dalam zona kebun, namun belum terdata dengan baik.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer