BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kasdim 0712/Tegal Hadiri Rapat Rembug Paripurna Kelompok Tani Nelayan Bertempat di Gedung Muslimat NU Kab.Tegal
Kasdim 0712/Tegal Hadiri Rapat Rembug Paripurna Kelompok Tani Nelayan Bertempat di Gedung Muslimat NU Kab.Tegal

Kasdim 0712/Tegal Hadiri Rapat Rembug Paripurna Kelompok Tani Nelayan Bertempat di Gedung Muslimat NU Kab.Tegal

Tegal, Rabu (07/10) Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Hari Santoso S,Sos di wakili Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Yuli Setiyono menghadiri acara rembug rapat paripurna Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) bertempat di Gedung Muslimat NU Kabupaten Tegal.

Rembug Paripurna Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) dengan Tema ” Ayo kerja kita tingkatkan eksitensi KTNA dalam rangka mewujudkan petani yg mandiri dan sejahtera.

Dalam sambutannya Ketua KTNA Propinsi Jateng yang pada intinya dalam hal ini ketua KTNA propinsi jateng menyampaikan bahwa Kontak Tani Nelayan (KTNA) adalah kontak tani yang diandalkan dan dipilih secara periodik menurut kesepakatan, dari oleh para kontak tani-nelayan dalam mewakili aspirasi petani-nelayan dalam forum dan atau kelembagaan ditingkat wilayah yang lebih tinggi dimana fungsi kelompok KTNA adalah sebagai wadah musyawarah petani-nelayan dan sebagai mitra kerja pemerintahan dalam membangun pertanian.

Dengan tujuan adalah sebagai perwakilan para petani yang mampu berperan aktif untuk mendorong para petani memberikan perhatian yang lebih besar kepada sektor pertanian disamping sektor lainnya diamana Kelompok KTNA berperan aktif dalam melakukan supervisi dan advokasi kepada petani, agar KTNA berperan aktif dalam pembangunan pertanian, khususnya dalam meningkatkan kemandirian dan daya saing petani menghadapi pasar global yg Sesuai dengan fungsinya.

Dalam hal ini kelompok KTNA mampu berperan meningkatkan dan mengembangkan kemampuan para anggotanya dalam melaksanakan kegiatan Kelompok KTNA yg diantaranya dapat melaksanakan kerjasama petani-nelayan menyampaikan aspirasi petani-nelayan kepada pemerintah, memperkokoh kebijakan pemerintah, menyiapkan kader-kader KTNA.
Kemudian untuk Fungsi dan peranan Kelompok KTNA tersebut diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan seperti mimbar sarasehan dan penyelenggaraan rembug paripurna yang dilaksanakan hari ini.

Adapun ciri KTNA yaitu Memiliki kelompok tani diwilayahnya serta menjadi pengurus yang diandalkan oleh kelompok tani yang ada didesanya serta mampu memimpin, mengorganisasikan dan menggerakan kelompok tani-nelayan di daerahnya.

Mitra kerja pemerintah dan pengusaha serta membawa aspirasi petani- nelayan dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam pembangunan pertanian.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Tegal mengatakan dimana beliau mengharapkan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Tegal untuk terus fokus dan mencari inovasi meningkatkan sektor pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan dan lingkungan hidup di pedesaan.

Terlebih pengurus KTNA terdiri dari komunitas petani dan nelayan yang terpilih untuk mewakili tingkat kecamatan yang memiliki kualifikasi dalam kemampuan dibidangnya masing–masing, serta mempunyai peranan dalam pembangunan ekonomi nasional khususnya di bidang agrobisnis.

“ Keberhasilan pembangunan pertanian tidak hanya diukur dari sumbangan sektor pertanian terhadap produk domestik regional bruto, akan tetapi lebih ditekankan pada usaha peningkatan kesejahteraan petani beserta keluarga,” ujar Wakil bupati Tegal.

Dalam hal ini pemerintah kabupaten Tegal terus memberdayakan petani melalui berbagai kebijakan untuk peningkatan kualitas kelembagaan tani dan peningkatan skala usaha taninya sehingga lebih efisien serta komersial pada tingkat skala ekonomi yang menguntungkan.

“ Rembug KTNA ini harus melahirkan kesepakatan-kesepakatan dan rekomendasikan yang dapat membangun kelembagaan petani dan nelayan yang kuat baik serta bisa meningkatkan kesejahteraan Petani di kabupaten tegal.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KTNA Propinsi Jateng Ir Agus Nurcahyo, Wakil Bupati Tegal Dra Umi Aziziah, Kasdim 0712/Tegal Mayor inf Yuli Setyono Spd, Ketua BP4K Kab. Tegal Abdul Honi SH MM, Kepala Dintanbunhut Kab. tegal Ir Khofifah MM, anggota KTNA se Kab Tegal.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer