BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kasdim 0728/Wonogiri Hadiri Jamasan Pusaka & Ruwatan
Kasdim 0728/Wonogiri Hadiri Jamasan Pusaka & Ruwatan

Kasdim 0728/Wonogiri Hadiri Jamasan Pusaka & Ruwatan

Minggu (16/10/16) pukul 10.00 Wib s.d 15.00 Wib di Panggung hiburan Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur Desa Sendang Kec/Kab Wonogiri dilaksanakan acara Kirab pusaka Keraton Mangkunegoro dan Jamasan.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa, SH.,Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Basuki Sepriadi yang sedang dinas kuar mewakilkan Kasdim Mayor Inf Handoko Setyo Budi. SE, Wakapolres Wonogiri Kompol Wawan Purmana, Ketua DPRD Wonogiri Setyo Sukarno, Sekda Kabupaten Wonogiri Drs Suharno. MM., Kasatpol PP Kabupaten Wonogiri Waluyo SH., Kerabat Keraton Mangkunegaran Surakarta Tumenggung Warso Tirto Diningrat dan Masyarakat pengunjung Obyek Wisata.

Acara diawali Kirab Pusaka dari Pintu masuk Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur menuju panggung hiburan di pimpin oleh Tumenggung Lilik Warso Tirto Diningrat. Kemudian serah terima pusaka di dari Tumenggung Lilik Warso Tirto Diningrat kepada Ir Wuryanto Priyo Santoso selaku penerima untuk dilaksanakan acara jamasan. Kemudian diselingi tarian Gambyong dan dilanjutkan ruwatan pagelaran wayang kulit oleh Ki Dalang Syahrir Muda.

Sebelum memasuki acara inti Jamasan dan Ruwatan Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa SH., memberikan sambutan yang intinya “Pada acara hari ini saya sangat gembira dan bangga setelah melihat acara pada bulan suro yang merupakan usaha untuk menjaga budaya dan melestarikan benda2 Pusaka yang ada di wilayah Wonogiri. Semua acara yang dilaksanakan pada bulan Suro ini merupakan sarana pemda mewujudkan pelestarian budaya dengan di gelar acara kirab pusaka dan jamasan pusaka yang merupakan saksi sejarah di kabupaten wonogiri. Kegiatan ini sangat membanggakan karna selain menjadi wisata masyarakat wonogiri juga sebagai sarana untuk mengingatkan para generasi penerus bangsa untuk menghargai para pejuang dan pahlawanya. Sejarah perjuangan ky Samber Nyawa Mangku Negoro Pertama sudah terkenal di seluruh wilayah Nusantara dan masuk dalam sejarah bangsa Indonesia. Mangku Negoro pertama (Kyai Samber Nyawa) sangat gigih berjuang dan ini menjadi suri tauladan dan semangat bagi para generasi muda dalam melanjutkan perjuanganya dalam mengisi kemerdekaan saat ini. Selain kirab pusaka dan jamasan juga dilaksanakan acara sedekah bumi di wilayah Tirtomoyo dan juga ruwatan massal pada hari ini. Hal ini merupakan wujud syukur kepada allah swt atas rahmatnya dan semoga seluruh masyarakat wonogiri senantiasa mendapat keselamatan dan kesuksesan di masa sekarang dan yang akan datang.Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara kirab pusaka dan jamasan serta sekaligus ruwatan massal yang berjalan dengan tertib dan lancar”.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer