BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kasdim Demak Ikuti Pencanangan Kampung Keluarga Berencana, Wujudkan Keluarga Sejahtera
Kasdim Demak Ikuti Pencanangan Kampung Keluarga Berencana, Wujudkan Keluarga Sejahtera

Kasdim Demak Ikuti Pencanangan Kampung Keluarga Berencana, Wujudkan Keluarga Sejahtera

 Kepala Staf Kodim 0716/Demak, Mayor Arm Dede Sudrajat mewakili Dandim Demak menghadiri kegiatan pencanangan kampung Keluarga Berencana (KB) tingkat Kabupaten Demak Tahun 2016. Senin ( 29-2-2016).

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Bapermas dan KB Kabupaten Demak, serta Kepala Desa Brangkas Kecamatan Dempet Kabupaten Demak H Abdullah Zaeni sebagai penanggung jawab kegiatan.

Acara ini dihadiri undangan sebanyak 300 orang, termasuk Bupati Demak diwakili Sekda dr Singgih Setyono, Komandan Kodim 0716/Demak diwakili Kasdim Mayor Arm Dede Sudrajat, Kapolres Demak diwakili Kabag Sumda Kompol Tardjan, Ketua PN Demak,Kepala kejaksaan Negeri Demak diwakili Kasi Datun, Kepala Bapermas Kabupaten Demak Dra Sri Lestari Handayani, Para Kepala SKPD terkait Pemkab Demak, Unsur Muspika dan Kepala UPTD terkait Kecamatan Dempet, para Camat se-Kabupaten Demak , para Kades dan tim penggerak PKK se-Kecamatan Dempet, Danramil dan Babinsa serta anggota Stafter Kodim 0716/Demak Kapten Arh Jayadi
Rangkaian acara pencanangan kampung KB diawali dengan Pengguntingan pita peresmian kampung KB. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan, pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Laporan penyelenggara oleh Kades Brakas, menyanyikan mars KB, PKK dan yel-yel KB 7, sambutan Bupati diwakili Sekda.

Kemudian dilanjutkan pencanangan kampung KB dengan ditandai pemukulan kentongan didampingi Muspida, BKKBN dan Muspika Kecamatan Dempet serta Kades Brakas.

Usai pencanangan kampung KB yang yang ditandai dengan pemukulan kentongan, Muspida Kabupaten Demak melaksanakan peninjauan lapangan.

Adapun tujuan dilaksanakan Pencanangan Kampung KB tingkat Kabupaten Demak tersebut adalah untuk menggalakan kembali program KB yang saat ini dirasa sudah mulai terlupakan. Dipilihnya Desa Brakas sebagai lokasi pencanangan kampung KB tingkat Kabupaten, karena Desa Brakas termasuk daerah tertinggal dan terpencil dalam penggarapan program KKBPK, pemakaian alat kontrasepsi masih tinggi, kesertaan KB pria sangat rendah, usia kawin pertama masih di bawah 20 th, dan adanya komitmen pemerintah desa terhadap penggarapan program KKBPK.

Dalam kesempatan kegitan tersebut, Bupati Demak atau yang mewakili yaitu Sekda Kabupaten Demak secara simbolis memberikan bantuan kepada warga Brakas berupa bibit sirsak dan mahoni serta 100 set tong sampah.
Pencanangan Kampung KB yang dipusatkan di desa Brakas Kec.Dempet dihadiri ratusan warga setempat.Dalam acara ini digelar pula berbagai kegiatan kreasi seni mulai dari tari hingga menyanyi turut ditampilkan guna menyemarakkan suasana pencanangan Kampung KB. Saat bersamaan digelar juga stan UPPKS yang menyajikan berbagai aneka produk lokal serta pelayanan KB gratis bagi warga setempat.

Ruang lingkup pelaksanaan kegiatan di Kampung KB yang dibentuk meliputi kependudukan, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, ketahanan keluarga dan pemberdayaan keluarga (pembangunan keluarga), dan juga kegiatan lintas sektor seperti kegiatan di Bidang Pemukiman, Sosial Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan sebagainya yang disesuaikan dengan kebutuhan wilayah Kampung KB.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer