BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / KECAMATAN PURWANTORO GELAR “SURO DIKEPYAR”
KECAMATAN PURWANTORO GELAR “SURO DIKEPYAR”

KECAMATAN PURWANTORO GELAR “SURO DIKEPYAR”

Wonogiri, di Desa Kepyar Kecamatan Purwantoro telah dilaksanakan acara “Suro Dikepyar”  dalam rangka memperingati Bulan Suro (Muharam), minggu (22/10/2017)

Acara tersebut dihadiri : Camat Joko Susilo S Sos Mm, Danramil 19/Purwantoto Kapten Kav Subagyo, Kapolsek AKP Sargiyata, Wakil ketua DPRD Kabupaten Wonogiri Sunarmin SE dan anggota Dewan DPRD kab Wi/Marhendi, Direktur Parnaraya Suparna, Kades Kepyar Suradi, Direktur Merista Hotel Imam S., Kades/Kakel se Kecamatan Purwantoro, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh adat serta masyarakat Desa Kepyar.

Peringatan Muharam dengan dengan tema “Suro Dikepyar” dilaksanakan di Desa Kepyar Kec. Purwantoro tepatnya Kali Segandu (Jembatan Kresek), dengan 3 acara diantaranya : Penilaian Tumpeng, Kirab tumpeng dan Larung tumpeng.

Sambutan Camat Purwantoro Joko Susilo S Sos Mm : Kegiatan ini baru berjalan selama 2 tahun, mulai diadakan dan memang sangat positif untuk melestarikan budaya jawa, juga merupakan sarana mempromosikan pariwisata yang berada di wilayah Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri. Melalui kegiatan ini, saya mengajak masyarakat untuk sadar menjaga lingkungan yang berada disekitar kita.

Kirab kirap tumpeng dengan start dari Balai Desa Kepyar sampai ke sungai Segandu untuk dilaksanakan larung tumpeng, kemudian untuk hasil penilaian lomba tumpeng dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada malam resepsi pada tanggal 28 Oktober 2017 mendatang. jelas Camat

Danramil 19/Purwantoro Kodim 0728/Wonogiri Kapten Kav Subagyo menjelaskan bahwa, dalam kirab tumpeng diikuti 24 Rukun Tetangga (RT) se Desa Kepyar dilakukan penilaian tumpeng,  yang dibuat berasal dari bahan non beras, yaitu dari hasil bumi dan Polo Wijo.

Kemudian acara di sungai kresek yang dilaksanakan  adalah  larung tumpeng tersebut dan penaburan benih ikan lele sebanyak 1000 ekor di Sungai Segandu Desa Kepyar.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer