BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kegiatan Belanegara Yonif 400/Raider Terpadu Dalam Kegiatan Pramuka Jambore Ranting Arso
Kegiatan Belanegara Yonif 400/Raider Terpadu Dalam Kegiatan Pramuka Jambore Ranting Arso

Kegiatan Belanegara Yonif 400/Raider Terpadu Dalam Kegiatan Pramuka Jambore Ranting Arso

Satgas Yonif 400/Raider bekerja sama dengan pengurus Pramuka Ranting Arso membantu memeriahkan Pesta Jambore Ranting Arso yang dilaksanakan dari tanggal 29 Januari sampai dengan 1 Pebruari 2015 di pekarangan SD Impres Kp. Asyaman Kab Keerom. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Distrik Arso Malensius Musui SH dengan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan terdiri atas 11 Regu Putra dan 11 Regu Putri dari seluruh perwakilan sekolah  wilayah Distrik Arso dengan tingkatan Pramuka Penggalang.

Panasnya terik matahari, dan cuaca yang terkadang mendadak hujan tidak menyurutkan semangat anak-anak Pramuka dalam melakukan aktivitasnya. Mereka selalu di damping oleh kakak-kakak Pembina dan Pendamping yang memberikan dorongan memotivasi dan mengawasi setiap kegiatan. Dalam kesempatan mengisi materi pengetahuan dan keterampilan kepada anak-anak Penggalang tersebut Satgas Pamtas Yonif 400/Raider mengisi materi yang mumpuni dibidangnya masing-masing. Adapun beberapa materi meliputi Materi Navigasi Darat oleh Letda Ctp Agus, Materi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di Lapangan oleh Letda Ckm Rudi, serta Materi PBB oleh Serda Purnomo.

Kegiatan demi kegiatan diikuti dengan sangat antusias oleh anak-anak Penggalang sehingga rasa lapar,haus dan ke jenuhan hilang dengan kecerian dan kebersamaan dalam mengikiti kegiatan. Selain itu juga materi pokok Penggalang juga dilaksanakan seperti jelajah alam, pesta seni, kecakapan keterampilan,kegiatan agama serta kegiatan kemandirian dan kegiatan dalam hubungan kelompok lainnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Pesta Penggalang untuk mengantarkan anak-anak yang selanjutnya secara selektif, berjenjang dan berlanjut akan terus dilaksanakan oleh pengurus Pramuka selanjutnya baik Pesta Jambore Cabang maupun Jambore Daerah yang nantinya, peserta adalah merupakan sebagai duta daerahnya masing-masing di dalam semaraknya Pesta Penggalang tersebut.

KegiatanPramuka merupakan cerminan kegiatan mandiri anak menjelang memasuki dunia profesi yang dicita-citakannya masing-masing. Sosok anak yang disiplin, cerdas, tangkas, rela menolong, keikhlasan berbuat, serta ketakwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa yang terhimpun di dalam “Dasa Darma Pramuka” layaknya dapat diimplementasikan dan dapat membantu mereka kelak tumbuh di dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Sifat anak remaja yang tumbuh dengan keingintahuan yang tinggi, diwadahi di dalam suatu komunitas sosial yang baik sehingga terarah dan mendukung kegiatan pengajaran formal di sekolah. Itulah sebabnya sampai dengan saat ini Pramuka yang sudah tidak asing lagi baik di Indonesia maupun di dunia Internasional dengan ciri khas kegiatan, watak pribadi kemandirian yang tertanam dalam kesehariannya membuat kebanggan kepada orang tua dan masyarakat karena dapat turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mendorong kecintaan perdamaian dan kebanggan NKRI sebagai Negaranya.

Kegiatan Pramuka sesuai dengan program rutinya dalam rangkaian Pesta Pertemuan, berkumpulnya Komunitas dari satuan kecil (Ranting) sampai dengan Besar (Nasional/Internasional) merupakan ajang yang sangat baik dan positif bagi anak-anak yang mengikutinya. Pertukaran pengetahuan, keterampilan, budaya, pertemanan baru, serta wawasan kebangsaan menjadikan kegiatan ini sangat tepat dan layak untuk dipertahankan dan dibantu dalam kegiatanya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer