BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kegiatan Posyandu di Wilayah Koramil 01/Tegal Barat
Kegiatan Posyandu di Wilayah Koramil 01/Tegal Barat

Kegiatan Posyandu di Wilayah Koramil 01/Tegal Barat

Tegal, Rabu (27/5/2015) Batuud Koramil 01/Tegal Barat Serma Dukram menghadiri kegiatan Posyandu di pendopo Kecamatan Tegal Barat dalam rangka pelayanan kesehatan masyarakat bersama Puskesmas Kecamatan Tegal Barat.

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/sosial dasar untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

Sebanyak 53 Masyarakat Kelurahan Tegalsari melaksanakn kegiatan pelayanan kesehatan ( Posyandu ) secara gratis, peserta pelayanan mayoritas oarng-orang yang sudah berumur diatas 45 tahun keatas. Petugas pelayanan kesehatan berasal dari Puskesmas Tegal Barat. Masyarakat menerima pelayanan diantaranya cek tensi, cek gula, cek kolesterol, dan jenis penyakit, lainnya.
Posyandu yang terintegrasi adalah kegiatan pelayanan sosial dasar keluarga dalam aspek pemantauan tumbuh kembang anak.

Dalam pelaksanaannya dilakukan secara koordinatif dan integratif serta saling memperkuat antar program dan kegiatan untuk kelangsungan pelayanan di Posyandu sesuai dengan situasi/kebutuhan lokal yang dalam kegiatannya tetap memperhatikan aspek pemberdayaan masyarakat. Posyandu merupakan wadah pemberdayaan masyarakat yang dibentuk melalui musyawarah mufakat di desa/kelurahan dan dikelola oleh Pengelola Posyandu, yang dikukuhkan dengan keputusan kepala desa/lurah.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer