BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kehadiran Babinsa Pendamping Petani Wilayah Binaan
Kehadiran Babinsa Pendamping Petani Wilayah Binaan

Kehadiran Babinsa Pendamping Petani Wilayah Binaan

BANJARNEGARA, Bawang – Para petani di Banjarnegara mulai menanami sawah mereka dengan tanaman padi, seiring datangnya musim hujan. Sebagian dari mereka kini beralih dari cara penanaman menggunakan tenaga manusia ke peralatan mesin. Babinsa Koramil 10/Bawang Serma Lismadi melakukan pendampingan kepada para petani yang menggunakan mesin tanam padi atau transplanter di desa Kutayasa. Selasa, (01/01/19).

Babinsa turun ke sawah mendampingi para petani yang hendak bercocok tanam padi dengan menggunakan mesin tersebut. Penanaman dilakukan di lahan seluas 0,8 hektar milik Ketua Poktan Margi Rahayu Sahlan, Ketua Poktan Ngudi Lestari Nyono Raharjo.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Haryanto  mengatakan Pemerintah melalui Kementerian pertanian MOU dengan TNI guna meningkatkan atau mewujudkan kedaulatan pangan di bidang Padi Jagung Kedelai (PAJALE). Namun yang menjadi kendala adalah kelangkaan tenaga kerja di bidang pertanian. Menurunya minat generasi muda pada usaha di bidang pertanian. Pemerintah melalui satu strategi untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan penerapan mesin tanam padi atau transplanter khusus di bidang sektor pertanian padi.

“Diharapkan dengan penggunaan transplanter tersebut adalah untuk meningkatkan produktifitas lahan dan tenaga kerja. Mempercepat dan mengefisienkan proses dan sekaligus menekan biaya produksi,”.jelasnya.

Danramil Kapten Inf Puji Raharjo melalui Babinsa Serma Lismadi mendampingi para petani dari proses bercocok tanam, pemeliharaan tanaman hingga memasuki masa panen. Menurutnya, seiring era mekanisasi pertanian, para Babinsa pun turun lapangan mendampingi petani menggunakan mesin mesin peralatan pertanian.

“Dengan kehadiran Babinsa di sawah sebagai pendamping di wilayah binaannya masing-masing, kualitas penanaman menjadi lebih baik lagi dan hasil panen yang diperoleh kelak dapat meningkat,” ujarnya.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk nyata pendampingan terhadap petani dan salah satu tugas teritorial dalam mewujudkan program pemerintah untuk mensukseskan swasembada pangan di wilayah kerja teritorial

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer