BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kekuatan Motivasi Wanita TNI kepada Anak Perempuan di Perbatasan RI-PNG
Kekuatan Motivasi Wanita TNI kepada Anak Perempuan di Perbatasan RI-PNG

Kekuatan Motivasi Wanita TNI kepada Anak Perempuan di Perbatasan RI-PNG

Merauke — Ketua Tim Wasrik Itjen TNI, Kolonel Laut (S/W) Dyah Rintis Nasiarti SE, MM memiliki pengalaman tersendiri, di sela-sela tugas memantau dan melihat langsung kendala pelaksanaan tugas Satgas Pengamanan Perbatasan, Beliau menyempatkan diri untuk singgah ke sekolah dasar yang terletak di Kampung Yanggandur, Distrik Sota, Merauke. Sekolah tersebut terletak tidak jauh dari pos Satgas Pamtas Yonif 407/Padmakusuma, di belakang pos Satgas Pamtas.

Sebagai seorang wanita TNI yang baru pertama kali datang ke perbatasan RI-PNG di Merauke, Beliau merasa sangat terkesan dengan keceriaan dan semangat anak-anak perbatasan dalam menuntut ilmu di bangku sekolah. Dalam kondisi sekolah yang belum ideal, terbatasnya tenaga pengajar, fasilitas pendidikan dan perlengkapan belajar yang belum memadai dengan daerah lain namun ternyata anak-anak tetap bersemangat.

“Senang berada di antara anak-anak sekolah SD dan merupakan pengalaman tersendiri karena dengan tugas menjadi wanita TNI, saya dapat sampai ke Papua dan bertemu dengan masyarakat perbatasan. Bisa melihat langsung kegiatan TNI dalam membantu kesulitan masyarakat, salah satunya menjadi guru bantu di SD Yanggandur,” ujar Kolonel Laut (S/W) Dyah Rintis.

Di satu kesempatan tersebut, Kolonel Laut (S/W) Dyah berbincang-bincang dengan beberapa murid perempuan SD Yanggandur dan menanyakan cita-cita mereka. Sebagian ada yang ingin menjadi dokter, guru, bidan, juga tentara seperti dirinya. “Sebagai wanita, kita tidak boleh mudah menyerah, harus bersemangat dan yakin dapat bersaing untuk lebih maju dalam menggapai cita-cita, contohnya ibu bisa menjadi wanita TNI dan masih banyak wanita Indonesia yang bisa sejajar dengan laki-laki dalam bekerja,” tuturnya.

Anak-anak perempuan SD Yanggandur sangat antusias melihat dan berbincang dengan Kolonel Laut (S/W) Dyah yang terlihat berbeda di antara rombongan yang semuanya laki-laki. Terlihat hadirnya nuansa keakraban dan kehangatan menyambut kehadiran Kolonel Laut (S/W) Dyah bersama rombongan TNI. Di sela-sela pertemuan, Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK menyampaikan kepada Ketua Tim Itjen TNI bahwa semangat belajar anak-anak perbatasan cukup tinggi dapat dilihat dari kehadiran dalam proses belajar hampir 100 persen, untuk itu Satgas Pamtas membantu dengan mengerahkan prajuritnya untuk menjadi tenaga guru bantu di sekolah-sekolah yang kekurangan tenaga pengajar. “Dan setiap sekolah di perbatasan yang kekurangan guru, prajurit Satgas Yonif 407/PK, di samping melaksanakan tugas pokoknya juga berperan aktif sebagai guru bantu,” ujarnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer