BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Kelompok Tani Manfaatkan Lahan Kosong TNI

Kelompok Tani Manfaatkan Lahan Kosong TNI

TENGARAN – Kelompok Tani Karya Abadi merasa bersyukur bisa menjalin kerja sama dengan Korem 073/- Makutarama Salatiga, memanfaatkan lahan kosong di sekitar Lapangan Tembak TNI di Desa Kembangsari Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang, untuk dijadikan lahan pertanian. Lahan kosong dengan luas lebih dari 4 hektare tersebut, selama ini mampu memproduksi singkong dan jagung dengan hasil berlimpah.

Hal tersebut disampaikan Sukardi, ketua Kelompok Tani Karya Abadi kepada Danrem 073/Makutarama Kolonel Kav Bueng Wardadi, saat panen raya jagung dan singkong di sekitar Lapangan Tembak TNI Desa Kembangsari, baru-baru ini. ”Ini bukti bahwa lahan tidur di sekitar Lapangan Tembak TNI, bisa dimanfaatkan untuk pertanian dan dikelola bersama antara TNI dan petani,” kata Danrem.

Ketahanan Pangan

Danrem berharap agar sistem pengelolaan lahan kosong tersebut dapat diterapkan di setiap Kodim yang berada di bawah Korem 073/Makutarama. Tujuannya untuk membantu ketahanan pangan, karena yang ditanam adalah sumber pangan pokok pengganti nasi (beras).

Sementara itu, Sukardi menjelaskan, sudah lebih dari empat Danrem, petani bekerja sama memanfaatkan lahan tidur itu, menghasilkan jagung dan singkong yang bermanfaat.

Menurutnya produksi singkong ada yang dijual kepada industri pengolahan tepung tapioka, begitu juga untuk tanaman jagung. Bagian kulit ketela dan kulit jagung dimanfaatkan untuk pakan ternak. Sedangkan daun singkong selama proses penanaman merupakan sumber sayuran warga. (H2-72)

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer