BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kemeriahan Komsos Kreatif Tingkat Kodam IV/Diponegoro
Kemeriahan Komsos Kreatif Tingkat Kodam IV/Diponegoro

Kemeriahan Komsos Kreatif Tingkat Kodam IV/Diponegoro

Komunikasi sosial kreatif tingkat Kodam IV/Diponegoro dalam rangka Peringatan ke- 71 Hari TNI dan HUT ke- 66 Kodam IV/Diponegoro dengan mengadakan lomba paduan suara, cipta lagu perjuangan, baca puisi dan tarian kreasi perjuangan daerah sukses dilaksanakan pada Selasa, (27/09/2016), bertempat di Balai Diponegoro, Watugong, Semarang. Acara yang diikuti oleh 20 peserta dari SMA/SMK yang mewakili seluruh jajaran Korem di wilayah Kodam IV/Diponegoro ini berlangsung dalam dua sesi.
Sesi pertama merupakan lomba paduan suara dan lomba cipta lagu perjuangan kemudian dilanjutkan dengan sesi ke dua yaitu perlombaan membaca puisi dan menari kreasi perjuangan daerah.
Sejak penampilan pertama dalam acara komsos ini, penonton sudah dibuat terpukau oleh penampilan lima tim paduan suara yang begitu apik dalam membawakan lagu daerah dan lagu nasional. Kemudian setelah penampilan paduan suara, dilanjutkan dengan lomba cipta lagu yang dimana lagu perjuangan yang telah diciptakan oleh peserta kemudian dinyanyikan. Penampilan kelima peserta yang menyanyikan lagu ciptaannya sendiri pun tak kalah menarik perhatian penonton.
Sementara itu, untuk sesi kedua diawali dengan lomba baca puisi, perlombaan ini diikuti oleh lima peserta, masing-masing peserta membacakan dua puisi yang berbeda. Para peserta baca puisi mampu mencuri perhatian penonton sehingga penonton pun dibuat terkagum-kagum dengan penampilan mereka.
Sesudah lomba baca puisi, rangkaian perlombaan terakhir adalah lomba menarikan tarian kreasi perjuangan daerah. Lomba menari ini juga diikuti oleh lima tim, kesemua tim menarikan tarian yang terinspirasi dari perjuangan prajurit dan pahlawan nasional Indonesia. Para penari berhasil mengguncang panggung dengan penampilan tarian mereka yang begitu indah, penonton yang hadir pun semakin terlihat antusias.
Sebelum pengumuman hasil lomba, para peserta lomba bersama dengan para Komandan Daerah dan anggotanya berbaur menjadi satu. Mereka berjoget bersama dengan diiringi musik dangdut dari Vijaya Kusuma Band Ajendam IV/Diponegoro, hal tersebut membuat keakraban diantara anggota TNI dan masyarakat semakin lekat.
Akhirnya sesi yang paling ditunggu-tunggu pun tiba juga. Pengumuman hasil lomba yang dinanti-nantikan tidak hanya oleh para peserta saja tapi juga para penonton yang hadir. Untuk lomba paduan suara dimenangkan oleh SMA Negeri 3 Klaten, binaan Kodim 0723/Klaten, sebagai juara pertama. Kemudian juara II dimenangkan oleh SMA Negeri 1 Cilacap, binaan Kodim 0701/Banyumas dan juara III dimenangkan oleh SMA Negeri 1 Kebumen, Kodim 0709/Kebumen.
Untuk perlombaan cipta lagu perjuangan, Adinda Valentinus Dian dari SMK Negeri 8 Surakarta, binaan Kodim 0735/Surakarta, berhasil menyabet juara I dengan menciptakan lagu berjudul Pahlawanku Indonesia. Juara II dimenangkan oleh Yuliana Chintya dari SMA Masehi, binaan Kodam 0722/Kudus, yang menciptakan lagu dengan judul Harumkan Indonesia. Juara III lomba cipta lagu perjuangan diraih oleh SMA Negeri 3 Semarang yang diwakili oleh Gita Surya, binaan Kodim 0733-BS/Semarang.
Lomba baca puisi dimenangkan oleh SMA Negeri 1 Juana, binaan Kodim 0718/Pati, atas nama Intan Kirana yang mebacakan puisi dengan judul Pelajaran Tata Bahasa dan Mengarang. Kemudian juara II diraih oleh SMA Negeri 1 Prembun, binaan Kodim 0714/Salatiga, atas nama Bella Amalia yang membacakan puisi berjudul Diponegoro dan Prajurit. Juara III lomba baca puisi dimenangkan oleh SMA Negeri 4 Tegal, binaan Kodim 0712/Tegal, atas nama Yasfina yang membaca puisi dengan judul Diponegoro dan Kupu-kupu di dalam Buku.
Lomba terakhir yaitu menarikan tari kreasi perjungan daerah, juara I dimenangkan oleh SMA Negeri 1 Wonogiri, binaan Kodim 0728/Wonogiri yang membawakan tarian bernama Tari Sigrak Jurit. Lalu juara II diraih oleh SMK Negeri 1 Kasihan, binaan Kodim 0729/Bantul, mereka menarikan tarian berjudul Tari Baswara Jajar dan juara III lomba menari ini dimenangkan oleh SMA Negeri 3 Salatiga, binaan Kodim 0714/Salatiga, yang menari tarian Nyawiji.
Setelah pengumuman hasil pemenang, acara komsos kreatif tingkat Kodam IV/Diponegoro pun ditutup. Acara ini ditutup secara resmi oleh Pangdam IV/Diponegoro yang diwakili oleh Kasdam IV/Diponegoro, Brigjend TNI Joni Suprianto.
Dalam pidato penutupannya Brigjend Joni berharap masyarakat, pimpinan daerah dan Kodam IV/Diponegoro mampu bekerjasama dalam membina generasi muda agar bisa lebih berprestasi lagi.
Kasdam juga memberikan semangat kepada peserta yang belum memenangkan perlombaan pada hari itu, untuk selalu berlatih.
“Kepada peserta yang belum memperoleh kemenangan hendaknya jangan berputus asa, jadikanlah pengalaman ini sebagai cambuk untuk memacu semangat berlatih guna merebut kemenangan pada event-event perlombaan yang akan datang, “ ujar Jenderal bintang satu ini.
Tak lupa Kasdam atas nama Pangdam IV/Diponegoro dan pribadi mengucapkan terimakasih dan memberikan selamat kepada para peserta lomba dan pemenang lomba yang nantinya akan diundang dalam puncak perayaan HUT TNI ke 71 dan HUT Kodam IV/Diponegoro yang ke 66 pada 5 Oktober 2016 mendatang.(LR/IM/AG)

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer