BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kepuasan Babinsa Bisa Dampingi Petani Di Sawah
Kepuasan Babinsa Bisa Dampingi Petani Di Sawah

Kepuasan Babinsa Bisa Dampingi Petani Di Sawah

Babinsa Koramil 20 Cawas Serma Saroni bantu Wagino salah satu petani yang merupakan anggota kelompok tani Tirto Kuncoro Dukuh Jetis Desa Tirtomarto Kecamatan Cawas  membersihkan gulma (hama tanaman) rumput di sawahnya seluas 1700 m². Selasa ( 27/8/2019)

“Gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah. Persaingan gulma dengan padi dalam setiap pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen,” jelas Serma Saroni.

Kepuasan Babinsa Bisa Dampingi Petani Di Sawah  Serma Saroni menambahkan, gulma dapat menurunkan hasil panen, karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya.

“Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida,” imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan itu, tanaman padi akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen maksimal dan terwujudnya Ketahanan pangan. Usai bantu, Serma Saroni duduk bersama Wagino untuk saling tularkan ilmu pertanian dan beri semangat kepada petani agar hasil panennya meningkat.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer