BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kerja Bakti Sebagai Wahana Silaturahmi Babinsa Dengan Masyarakat
Kerja Bakti Sebagai Wahana Silaturahmi Babinsa Dengan Masyarakat

Kerja Bakti Sebagai Wahana Silaturahmi Babinsa Dengan Masyarakat

GRABAG- Kerja bakti merupakan kegiatan warga yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat itu sendiri, biasanya kerja bakti dikerjakan saat semua warga libur dengan pekerjaannya seperti halnya yang dilakukan oleh anggota Koramil 06 Grabag Kodim 0705/Magelang Serma Sujatun dibantu 3 orang anggota dengan semangat bekerja memberikan motifasi kepada kurang lebih 35 orang warga Dusun Salam Desa Salam Kecamatan Grabag, Jum’at (02/09).

Kegiatan kerja bakti oleh amggota Koramil 06 / Grabag merupakan bentuk nyata pembinaan teritorial di wilayah binaan untuk mewujutkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat. kegiatan membangun talud atau senderan jalan desa yang panjangnya kurang lebih 150 meter, merupakan kegiatan sosial yang berguna untuk membangun fasilitas umum dikoordinir oleh Kepala Dusun dan di kerjakan secara bergotong royong.

Di masyarakat pedesaan, kerja bakti dianggap penting karena selain untuk membangun fasilitas umum dilingkungan masyarakat pedesaan juga dapat berfungsi menjaga tali silaturahmi antar warga. Melalui kerja bakti pula, warga mengenal gotong royong demi membangun daerah mereka. Kerja bakti hendaknya tetaplah dijaga sebagai tradisi yang dapat membangun sekaligus menjaga tali persaudaraan antar warga. Kerja bakti juga menghapuskan kesenjangan antara si kaya dan si miskin karena dalam kerja bakti semua bekerja sama rata ibaratnya berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Kerja bakti juga menyatukan dan mempererat tali persaudaraan antar warga karena lewat bekerja bakti inilah warga belajar bersosialisasi untuk mengenal dan menjaga lingkunganya.

Dalam kesempatan tersebut Serma Sujatun berpesan kepada warga agar kerja bakti seperti ini hendaknya dilakukan dengan rasa yang ikhlas sehingga hasilnya dapat memuaskan, “Dengan adanya kerja bakti seperti ini saya dapat berkumpul dengan semua warga layaknya sebuah keluarga, Kerja bakti juga menyatukan warga yang jarang bertemu dan bersosialisasi” ujar Sujatun.

Di saat istirahat, suasana keakraban sangat terasa sekali dalam kegiatan seperti ini, teh hangat, kopi, dan gorengan atau roti telah siap menjadi hidangan. Sembari menikmati sajian yang disediakan oleh warga, inilah budaya timur yang harus senantiasa kita jaga yang membedakan Negara kita dengan Negara yang lain, pungkasnya. Pawit (54) selaku Kepala Dusun Salam Desa Salam Kecamatan Grabag mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota Koramil 06/Grabag, “Terimakasih atas bantuan baik tenaga maupun motifasinya kepada warga kami, semoga dengan membaurnya TNI dengan masyarakat bisa memberikan rasa aman” tuturnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer