BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kidim 0728/Wonogiri Prakarsai Jemparigan Dalam Rangka Hari Pahlawan
Kidim 0728/Wonogiri Prakarsai Jemparigan Dalam Rangka Hari Pahlawan

Kidim 0728/Wonogiri Prakarsai Jemparigan Dalam Rangka Hari Pahlawan

Minggu tanggal 12 November 2017 pukul 09.00 s/d 14.00 wib di stadion Pringgondani Kelurahan Wonokarto Kec Wonogiri, Kab. Wonogiri telah berlangsung Gladen Hageng jemparingan mataram dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke -72 tahun 2017 dengan merebutkan piala Dandim 0728/ Wonogiri.

Jemparingan  sebagai ketua penyelenggara Bp.Titis Priadi dari paguyuban jemparingan Samber Nyowo Wonogiren  bekerjasama dengan kodim 0728/Wonogiri yang diikuti oleh tim jemparingan se-Jateng, DIY dan Jawa Timur.

Hadir dalam acara tersebut antara lain ; Letkol inf Basuki Sepriadi Dandim 0728/ wonogiri, Mayor inf Handoko Setyo Budi SE (Kasdim)  0728/Wonogiri,

Para perwira staf Kodim 0728/ Wonogiri, H.Titis Priadi ketua penyelenggara jemparingan. Budi Narwanto pengusaha Bus Sedyo mulyo kab wonogiri dan pembina jemparingan wonogiren, Danramil jajaran kodim 0728/ wonogiri, Perwakilan dari rumah sakit PKU selogiri, Perwakilan dari rumah sakit amal sehat, Perwakilan BNI kab wonogiri, Kepala cabang BRI  wonogiri ibu Ida Susana Tri Rahayu

Jumlah peserta terdiri dari ; Peserta dewasa  putra153 orang, Dewasa putri 23 orang dan  Anak anak 39 peserta

Dalam sambutanya ketua penyelenggara H.Titis Priadi menyampaikan antara lain ; Acara ini diselenggarakan untuk memperingati hari Pahlawan yang ke 72 pada tanggal 10 November, acara ini bekerjasama antara paguyuban jemparingan kab wonogiri dan Kodim 0728/ Wonogiri.

Acara jemparingan ini akan di laksanakan hanya 15 rambahan saja karena cuaca di kab wonogiri pada sore hari biasanya hujan turun ini akan menganggu dalam acara jemparingan kita nanti. Apabila dalam menyeleggarakan acara jemparingan ini saya sebagai ketua penyelenggara mohon maaf yang sebesar besarnya.

Kemudian Letkol Inf Basuki Septiadi (Dandim) dalam sambutanya menyampaikan bahwa ‘Acara ini kami laksanakan secara dadakan, akan tetapi Alhamdulillah bisa berjalan dengan baik kenapa kalau di hitung waktu kurang dari 10 hari kita punya rencana langsung persiapan, tanggal 12 kenapa kita laksanakan, karena kita melihat waktu yang agak senggang pada tanggal 12 saat ini dan Alhamdulillah hari ini bisa kita laksanakan bersama.

Gladen jemparingan yang  pada intinya nguri uri budaya jawa dan ini harus kita budayakan, kenapa karena kalau kita tidak bisa mempertahankan budaya ini, suatu saat akan hilang dan yang kita kawatirkan adalah anak cucu kita nanti kedepan tidak mengerti seni budaya seperti  jemparingan atau seni tari dan terpengaruh dengan seni budaya asing.

Karena budaya kita ini adalah karakternya orang indonesia,  merupakan imperalismenya orang indonesia dan ini nerupakam kedaulatan dari  indonesia, maka dari itu kita nguri uri dan mudah mudahan kedepan kegiatan kegiatan yang serupa maupun kegiatan yang lain untuk mempertahankan tradisi, ini masih bisa kita pertahankan sampai anak cucu kita nanti.

Bapak bapak dan ibu sekalian apabila dalam pelaksanaan gladen jemparingan ini tempat atau sarana masih banyak kekurangan, saya mohon maaf di karenakan terbatasnya waktu yang sudah ada ini mari kita manfaatkan dengan baik dan Alhamdulillah semuanya bisa berjalan dengan baik.

Acara selanjutnya letkol inf Basuki Sepriadi Dandim 0728/Wonogiri  mengawali jemparingan diikuti perwakilan dari BRI dan BNI pertanda perlombaan di mulai.

Perolehan juara dua taranta tingkat Dewasa Putra : Titis-1 Muji Santoso asal Purwantoro skor 14 , Titis-2 Andrias asal club Kridho asto asal Solo fengan skor 14 dan  Titis-3 Tatang Andrianto asal Krido Basoro Klaten skor 13.

Untuk tingkat Dewasa Putri : Titis-1 an.  Intarti asal Kab. Klaten skor 6,  Titis-2 an. Kasandra asal kab. Klaten skor 6, Titis-3 an. Inawati asal karanganyar skor 4.

Sedangkan untuk anak-anak sebagai juara : Titis-1 sdr Dito skor 6 asal Jogjakarta, Titis- 2 sdr Fajrin skor 6 asal Samber Nyowo wonogiren, Titis-3 sdr Zaki skor 5 asal Baturetno.

Kemudian Trophy dan uang pembinaan masing masing juara diserahkan : Tingkat Dewasa Putra oleh Dandim 0728/Wonogiri Kapten Inf Basuki Sepriadi, untuk juara dewasa putri oleh Kepala BRI Cabang Wonogiri ibu Ida Susana Tri Rahayu, dan untuk tingkat anak-anak diserahkan oleh Budi Narwanto pembina Jemparigan Wonogiren.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer