BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodam Bantu Petani Basmi Hama Tikus
Kodam Bantu Petani Basmi Hama Tikus

Kodam Bantu Petani Basmi Hama Tikus

Selama ini hama tikus menjadi momok bagi petani, sebab serangan hewan pengerat ini bisa menghabiskan tanaman hingga petani acapkali merugi. Oleh karenanya, pihak Kodam IV/Diponegoro membuat gagasan menyiapkan Brigade Burung Hantu untuk membantu petani menangani hama tikus di Jawa Tengah.

Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Hari Santoso S.Sos mengatakan, melalui sistem komando ditekankan adanya budidaya burung hantu (Tyto Alba) yang merupakan hewan predator bagi tikus. “Jadi nanti setelah seluruh anggota terutama Babinsa menerima sosialisasi budidaya burung hantu akan diteruskan pada petani agar mau juga membudidayakan burung hantu di wilayah masing-masing”.

Brigade Burung Hantu nantinya terdiri dari para Babinsa yang akan terjun langsung ke masyarakat. Penggunaan burung hantu diyakini bisa menanggulangi hama tikus, namun disayangkan selama ini burung tersebut justru banyak diburu sehingga mata rantai makanan terputus dan berdampak pada merebaknya hama tikus. Disampaikan, bahwa pemberantasan hama tikus dengan burung hantu tidak membutuhkan banyak biaya dan tidak menimbulkan dampak kimiawi. Sehingga bisa memberikan mafaat bagi petani yaitu peningkatan hasil panen.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer