BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Kodam IV Bangun Karakter Generasi Muda Melalui Seni dan Budaya
Kodam IV Bangun Karakter Generasi Muda Melalui Seni dan Budaya

Kodam IV Bangun Karakter Generasi Muda Melalui Seni dan Budaya

Guna meningkatkan dan mengembangkan apresiasi seni dan budaya yang sangat bermanfaat dalam rangka membangun karakter generasi muda bangsa secara utuh, Kodam IV/Diponegoro menyelenggarakan lomba baca puisi, paduan suara dan tarian tradisional bertempat di Balai Diponegoro Jum’at (15/9/2017).

Lomba tersebut digelar dalam rangka kegiatan komsos kreatif dan HUT ke 72 TNI serta HUT ke 67 Kodam IV/Diponegoro.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman melalui amanat tertulis yang dibacakan Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI M. Sabrar Fadhilah menyampaikan lomba ini perlu mendapatkan prioritas pembinaan ditengah gencarnya budaya asing yang saat ini sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara khususnya generasi muda.

“Menjadi renungan bagaimana apabila generasi muda penerus bangsa ini tidak dibekali dengan pemahaman yang utuh tentang budaya bangsa Indonesia. Bisakah menjadi sosok pemimpin yang tetap memegang teguh nilai-nilai utuh bangsa Indonesia”, ungkap Pangdam.

Terkait dengan seni dan budaya, dijelaskan bahwa secara naluriah manusia menyukai keindahan atau estetika dan untuk merefleksikan kecintaan pada keindahan tersebut manusia salah satunya diwujudkan melalui karya seni, baca puisi, paduan suara dan tarian perjuangan. Hal tersebut tidak mudah karena membutuhkan persiapan tahapan latihan, olah rasa, olah karsa, karakter yang selanjutnya dipadukan dengan musik dan filosofis yang enak di dengar dilihat dan mengandung arti.

Diharapkan penyelenggaraan lomba ini memberikan penyegaran sebagai upaya konkrit dalam rangka membangun generasi muda mencintai seni dan budaya.

Disisi lain, kegiatan ini dapat memupuk rasa nasionalisme khususnya para generasi muda. Wahana mengeksplorasi bakat dan kreatifitas menjadi prestasi bidang seni.

Para peserta yang mengikuti lomba paduan suara diantranya SMA N 1 Ungaranm SMAN 1 Semarang, SMA BOPKRI Yogyakarta, SMAN 4 Tegal dan SMAN 2 Klaten. Untuk lomba baca puisi menampilkan Salma Rahmadhanti Putri (SMAN 1 Kebumen), Happy Listya Retnoningrum (SMAN 1 Ngemplak), Anindya Nur (SMAN 4 Semarang), Raja Satria Wibowo (SMAN 1 Sokaraja) dan Dewi F.S. (SMAN 1 Rembang).

Sedangkan lomba tari perjuangan dari SMK N 2 Wonogiri, SMAN 1 Sulang Rembang, SMKN 3 Banyumas, SMAN 2 Wonosobo dan dari SMAN 2 Semarang.

Hadir pada acara tersebut Kepala dinas propinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Kota Semarang, Kepala Dinas Pariwisata Semarang, Sekretaris PPAD, Ketua Pepabri Propinsi Jateng, Ketua LVRI Propinsi Jateng, dan para Pengurus Dharma Pertiwi Daerah D.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer