BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Kodam IV Wacanakan Korem Wilayah Utara dan Selatan

Kodam IV Wacanakan Korem Wilayah Utara dan Selatan

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Luasnya teritorial Komando Daerah Militer (Kodam) IV/Diponegoro yang meliputi wilayah Jateng dan DIY membuat munculnya wacana Komando Resort Militer (Korem) yang membawahi wilayah pantai utara (Pantura) dan pantai selatan (Pantusel).

“Wilayah Pantura dan Pantusel memerlukan penanganan pengamanan lebih, mengingat mobilitas masyarakat di dua kawasan tersebut yang cukup tinggi,” jelas Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Sunindyo saat berada di Yogyakarta.

Sebagaimana diketahui, Kodam Diponegoro memiliki empat wilayah Korem. Yakni Korem 071/ Wijayakusuma Purwokerto, Korem 072/Pamungkas Yogjakarta, Korem 073/Makutarama Salatiga, dan Korem 074/Warastratama Surakarta. Maka, adanya wacana pembentukan Korem yang fokus di Pantura dan wilayah Selatan, diharapkan dapat menambah kekuatan teritorial TNI.

Sunindyo menambahkan, wacana pembentukan Korem di wilayah Utara dan Selatan Jateng sudah dipertimbangkan dengan perkembangan wilayah yang ada saat ini. Selain mobilitas yang tinggi, tingkat kerawanan di wilayah itu juga telah dipetakan. “Pemetaan dan pengkajian terus kami lakukan untuk wacana tersebut,” imbuh dia.

Jika rencana itu terealisasi, maka Korem yang fokus di wilayah Utara dan Selatan Jateng akan dipimpin komandan berpangkat Kolonel. Untuk nama Korem, jenderal dengan dua bintang dipundaknya ini mengaku belum menemukan nama yang tepat.

“Nama yang cocok belum. Yang jelas tak jauh dari filosofi Jawa,” imbuh mantan Aspers Kasad kelahiran Klaten itu.

Kendati pembentukan Korem baru sudah dianggap perlu, namun realisasinya belum dipastikan dalam waktu dekat ini. Pangdam menerangkan untuk pembentukan Korem di wilayah tersebut, baru bisa terealisasi 2019 mendatang. Kurun waktu tersebut dinilai ideal sambil mempersiapkan kekuatan pasukan dan kelengkapan alat utama sistem senjata atau alutsista.

( Gading Persada / CN34 / SMNetwork )

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer