BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Kodam IV/Diponegoro Gelar Perayaan Natal Bersama Prajurit TNI dan Polisi
Kodam IV/Diponegoro Gelar Perayaan Natal Bersama Prajurit TNI dan Polisi

Kodam IV/Diponegoro Gelar Perayaan Natal Bersama Prajurit TNI dan Polisi

Kodam IV/Diponegoro menggelar perayaan Natal bertajuk “Indahnya Kerukunan Dalam Keberagaman Membawa Terang Bagi Kesejahteraan Bangsa” yang bertempat di Gedung Balai Diponegoro Kodam IV/Diponegoro, Kamis (15/1). Dalam acara tersebut diikuti oleh para prajurit TNI, Polri dan tokoh lintas agama serta Gereja Se-Jawa Tengah.

Meski berlangsung sederhana, kemeriahan acara terlihat karena disemarakkan oleh paduan suara yang membawakan lagu-lagu bertema perdamaian dari Bethany Salatiga dan musik Brascong Ajenrem 073/Saltiga. Tak hanya itu, Kodam IV/Diponegoro juga mengundang penceramah DR. KH. Nuril Arifin, M.BA dari Ponpes Soko Manunggal dan Pendeta Petrus Agung Purnomo dari Yayasan Terang Bangsa.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono dalam sambutan tertulis yang dibacakan Aslog Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Czi Adi Sura Firdaus Tarigan  menyampaikan, melalui perayaan Natal diharapkan terdapat hikmah yang terkandung  di dalamnya dan dapat dijadikan wahana untuk membangun kerukunan dan kebersamaan di atas keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kerukunan umat beragama yang saat ini mulai redup memang perlu digelorakan kembali untuk mempertebal Nasionalisme setiap warga bangsa”, jelas Pangdam IV.

Mengalir dari permasalahan tersebut, maka sangat tepat apabila kegiatan ini mengangkat tema “Indahnya Kerukunan Dalam Keberagaman”.

Dalam ceramahnya DR. KH. Nuril Arifin, M.BA yang akrab disapa Gus Nuril mengatakan, dirinya merasa bangga bisa berdiri dan mengisi materi di hadapan para perwira baik TNI dan Polisi. Disampaikan, meski manusia berbeda-beda agamanya, ada yang Kristen, Budha, Islam dan lainnya, apabila mereka membela bangsa dan negara maka akan masuk Surga.

Hal ini sama halnya, saat prajurit pertama kali masuk pendidikan militer sudah disumpah Sapta Marga dan Sumpah Prajurit untuk berbakti kepada NKRI. Gus Nuril juga berpesan kepada para pemimpin untuk bertindak arif dan bijaksana serta menjadi panutan bagi anak buahnya.

Di sela-sela materinya, Gus Nuril juga mengajak bernyanyi bersama para hadirin lagu Natal yang sering ditembangkan saat perayaan Natal, yakni “Malam Kudus” yang diiringi dengan alunan musik.

Pada kesempatan ini, Pendeta Petrus Agung dalam ceramahnya menyampaikan satu pesan yaitu maju terus pantang mundur untuk kepentingan bangsa dan negara. Dicontohkan, setiap terjadi bencana alam banjir, gunung meletus, tanah longsor dan lainnya, pasti Tuhan akan menggerakkan hati setiap manusia untuk saling membantu. Itulah sebabnya kerukunan antar umat beragama sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Hadir juga dalam kegiatan itu, Wakil Gubernur Jateng Drs. H. Heru Sudjatmoko, MSi, Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Arh Elphis Rudy, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Drs. Lieliek Darmanto, SH. dan sejumlah pejabat Kodam lainnya serta dari unsur pemerintah kota dan pemerintah propinsi serta undangan lainnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer