BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Kodam IV/Diponegoro Membawa Musik Keroncong Mendunia
Kodam IV/Diponegoro Membawa Musik Keroncong Mendunia

Kodam IV/Diponegoro Membawa Musik Keroncong Mendunia

Kodam IV/Diponegoro menggelar acara Apresiasi Musik Keroncong di Taman KB Semarang, dengan tema “Musik Keroncong Milik Indonesia Kita Bawa Mendunia” (1/6). Selain dari grup musik keroncong di Jawa Tengah, dalam gelaran musik tersebut dimeriahkan grup musik “Nada” keroncong dari Delegasi Malaysia, yang membawakan lagu berjudul Sapu Lidi dan Cinta Sabun Mandi dalam irama dangdut.

Kecintaan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Sunindyo pada musik keroncong memang tak bisa diagukan lagi yaitu berdiskusi dengan sejumlah seniman untuk mengusulkan keroncong sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui dunia melalui UNESCO.

Pangdam yang juga dikenal sebagai Panglima Besar Keroncong Indonesia, mengatakan dari hasil Rembug Keroncong yang digelar di Wisma Perdamaian dengan tema “Kebangkitan Keroncong Indonesia”, saat ini serbuan budaya dari negara luar semakin mengikis jati diri bangsa Indonesia terutama di bidang seni. Oleh sebab itu perlu adanya usaha-usaha untuk melestarikan budaya Indonesia, salah satunya keroncong.

“Kita sekarang perang modern, serbuan bisa lewat budaya, kita lama-lama tidak punya identitas. Maka kita punya budaya seperti ini ya kita pertahankan, kayak Jepang gitu lah,” jelas orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro di sela-sela acara Apresiasi Keroncong di Taman KB Semarang, Sabtu (31/5/2014) malam.

Ratusan warga tampak antusias menikmati alunan lagu yang dinyanyikan dengan vibrasi dan cekungan-cekungan nada slow. Pertujukan malam itu dihadiri oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Sunindyo, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Ibnu Darmawan dan para pejabat jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer