BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim 0703/Cilacap Segera Bentuk Brigade Tanam
Kodim 0703/Cilacap Segera Bentuk Brigade Tanam

Kodim 0703/Cilacap Segera Bentuk Brigade Tanam

Cilacap – Untuk mensukseskan swasembada pangan, Kodim 0703/Cilacap akan membentuk brigade pertanian.
“Kodim akan segera membentuk Brigade Pertanian, untuk membantu kegiatan petani saat tanam maupun panen,” kata Kasdim 0703/Cilacap, Selasa (10/01).

Menurutnya, pembentukan brigade pertanian bertujuan untuk efektifitas operasional petani, ketika panen ataupun tanam secara bersamaan. Mengingat, terbatasnya alat mesin pertanian yang ada di masyarakat.
“Kita siapkan sarana produksi pertanian untuk membantu petani saat tanam maupun panen,” imbuhnya.

Sarana produksi pertanian yang dipersiapkan Brigade Pertanian Kodim 0703/Cilacap diantaranya, pompa air, traktor, alat panen, mesin tanam, dan tempat penyemaian padi.

Saat ini sarana produksi pertanian yang sudah ada di Kodim yaitu, Traktor, puluhan pompa air, mesin tanam dan ratusan tempat penyemaian padi. Untuk itu, bagi jajaran Kodim 0703/Cilacap tantangan ini membuatnya harus bersikap reslitis yakni turun ke lapangan menemui petani. Dengan membentuk satuan tugas yang mereka sebut sebagai Brigade Tanam.

Brigade ini beranggotakan yang terdiri dari personil Bintara Pembina Desa (Babinsa). Para Babinsa di lingkungan Kodim 0703/Cilacap siap kapan saja jika diminta petani atau kelompok tani untuk membantu mereka melakukan penanaman bibit padi ataupun jagung di lahan sawah maupun di ladang kering. Bukan hanya pada musim tanam saja anggota Babinsa bisa menolong petani, namun saat panen tiba mereka siap membantu melalui Brigade Panen.

Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Ferdial.Lubis, MPICT melalui Kepala Staf Kodim Mayor Inf. Raji usai melakukan peninjauan lahan pertanian di Desa Glempang Pasir Kecamatan Adipala yang sudah dikoordinasikan dengan Kepala Dusun Glempan pasir (Kasum) sekaligus koordinator para Petani, sementara lahan yang siap kurang lebih 8 hingga 10 Hektare, ada untuk lahan jagung, kemudian untuk Brigade tanam padi juga ada hingga 8 sampai dengan 10 Hektare.” Ujarnya.

“Harapannya pembentukan satgas Brigade Tanam bukan untuk menakut nakuti petani namun semata mata demi membantu meringankan beban petani agar usaha tani mereka lancar”, tandas Kasdim.

Karena dimaklumi selama ini tenaga tani kita masih kekurangan. Terlebih saat menanam padi ataupun Jagung harus segera dilakukan karena siklus waktu tanamnya sangat sempit. Sementara berkait tekad jajaran Kodim 0703/Cilacap untuk membantu secara sukarela para petani dalam menggarap lahannya”,tandasnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer