BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim 0705/Magelang Bantu Buat Bendungan Kali Batang
Kodim 0705/Magelang Bantu Buat Bendungan Kali Batang

Kodim 0705/Magelang Bantu Buat Bendungan Kali Batang

Koramil 17 Salam Kodim 0705/Magelang bersama masyarakat Desa Mantingan bergotongroyong membuat bendungan di Kali Batang. Karya bakti pembuatan bendungan dengan panjang 15 meter, tinggi 10 meter dan lebar 3,5 meter tersebut merupakan usaha untuk meningkatkan dan memperbanyak debit air yang akan digunakan untuk irigasi. Kontruksi bangunan terbuat dari batu dan pasir.

Pembuatan bendungan di Kali Batang tersebut merupakan usaha dari masyarakat Mantingan untuk mendapatkan air dari kali tersebut dan nantinya dialirkan ke saluran irigasi. Selanjutnya saluran irigasi itulah yang akan dimanfaatkan oleh petani untuk mengairi sawahnya.

Kapten Arm Achmad Syakir mengatakan bahwa karya bakti ini merupakan bagian dari upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produksi padi di wilayah Salam. Dengan selesainya bendungan ini diharapkan air kali bias naik ke saluran irigasi. Irigasi Mantingan yang bersumber dari Kali Batang ini nantinya diharapkan mampu mengairi sawah seluas 15 Ha.
“Hari ini kita kerahkan 1 SST personel dari Kodim 0705/Magelang untuk membantu warga Mantingan membuat bendungan ini” ujar A Syakir.

Selain itu Kapten A Syakir juga menjelaskan manfaat dari saluran irigasi antara lain melancarkan air ke lahan persawahan, mencukupi air pada lahan pertanian, mempermudah petani dalam mengairi sawah, serta menjadi salah satu sarana pendukung ketahanan pangan.
Irigasi merupakan upaya yang dilakukan manusia untuk mengairi lahan pertanian. Dalam dunia modern, saat ini sudah banyak model irigasi yang dapat dilakukan manusia. Pada zaman dahulu, jika persediaan air melimpah karena tempat yang dekat dengan sungai atau sumber mata air, maka irigasi dilakukan dengan mengalirkan air tersebut ke lahan pertanian.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer