BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim 0709/Kebumen Buat Lahan Demplot Pertanian
Kodim 0709/Kebumen Buat Lahan Demplot Pertanian

Kodim 0709/Kebumen Buat Lahan Demplot Pertanian

Bertempat di Desa Purbowangi Kec. Buayan Kab. Kebumen digelar acara penyerahan Demplot pertanian dengan bekerjasam dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Kebumen (Distannak) dengan luas lahan 0,252 Ha atau 180 Ubin, Rabu (8/4/15).

Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan. Demplot bisa berupa Inovasi teknologi budidaya, VUB (Varietas Unggul Baru), Pemupukan dan lain-lain, disesuaikan dengan demografi wilayah. Di wilayah Desa Purbowangi yang merupakan wilayah binaan Upaya Khusus Kodim 0709/Kebumen dilakukan, yakni Demplot Tabela (Tanam Benih Langsung) yang dilakukan oleh Kodim 0709/Kebumen bekerjasama dengan Distannak Kab. Kebumen dengan luas lahan Demplot 0,252 hektare atau sekitar 180 ubin. Pada lahan demplot ditanam Varietas Inpari Mugibat.

Pada acara penyerahan Demplot dari Distannak Kebumen kepada Kodim 0709/Kebumen berlangsung sukses dengan telah ditandatanganinya berita acara serah terima Demplot di ruang aula Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kec. Buayan Kab. Kebumen, dalam acara tersebut hadir Kepala Distannak Kebumen Ir. Puji Rahayu jajaran Muspika Kec. Buayan, Para Kades se-Kec. Buayan dan para Kelompok Tani.

Dalam sambutannya Dandim mengatakan, program pemerintah terkait pencapaian swasemba pangan Babinsa harus bisa membuktikan menggarap sawah dan siap menjadi contoh bagi para kelompok tani dan secara teknis saling jalin kerjasama antara Babinsa dengan para PPL.

Dandim menambahkan agar Kab. Kebumen optimis dapat mencapai target, untuk itu diperlukan kerja keras dan kerja cerdas sehingga swasembada pangan dapat tercapai. Oleh karena itudiperlukan partisipasi semua pihakkhususnya para Babinsa untuk tetap melaksanakan tugas tanggungjawab pendampingan dan pengawalan sebagai upaya khusus pertanian.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer