BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim 0710/Pekalongan Melaksanakan Pengukuhan Anggota Saka Wira Kartika
Kodim 0710/Pekalongan Melaksanakan Pengukuhan Anggota Saka Wira Kartika

Kodim 0710/Pekalongan Melaksanakan Pengukuhan Anggota Saka Wira Kartika

Pasi Ter 0710/Pekalongan Kapten Inf Sunarto mengukuhan 50 orang Saka Wira Kartika Kodim 0710/Pekalongan.

Dandim 0710/Pekalongan melalui Pai Ter menyampaikan, Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat Nasional. Saka yang dibentuk lewat kerja sama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela Negara. Saka Wira Kartika adalah wadah bagi pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran Bela Negara melalui pengetahuan dan ketrampilan dibidang matra Darat.
Matra Darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa dan sungai.

Gerakan pramuka dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan luar sekolah, menyelenggarakan segala usaha untuk mencapai tujuan gerakan pramuka dalam menunjang tujuan Nasional. Usaha-usaha untuk mencapai tujuan gerakan Pramuka itu harus diarahkan pada pengembangan dan pembinaan watak, mental, moral, jasmani, bakat, pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan melalui kegiatan yang dijalankanyang dijalankan sebanyak mungkin dengan praktek dan secara praktis, menggunakan sistem pamong dan prisip-prinsip dasar metode pendidikan kepramukaan.

Kegiatan pengukuhan anggota Pramuka Saka Wira Kartika yang baru merupakan kegiatan yang harus dilaksanakn. Disamping untuk menanamkan tradisi penerimaan anggota baru, kegiatn ini juga bertujuan untuk menanamkan jiwa kepramukaan sejati yang sudah dilakukan para pendahulu khususnya Saka Wira Kartika.

“Adik-adik calon anggota Pramuka Saka Wira Kartika, saya harapkan agar adik-adik semua dapat melaksanakan tradisi pengukuhan ini dengan baik, ikuti petunjuk dan arahan pelatih, jaga kesehatan dan keamanan selama prosesi pengukuhan” Ungkap Dandim.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer