BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim 0712/Tegal Gelar Penyuluhan Hukum
Kodim 0712/Tegal Gelar Penyuluhan Hukum

Kodim 0712/Tegal Gelar Penyuluhan Hukum

Tegal – Untuk memantapkan pemahaman tentang hukum Kodim 0712/Tegal mengelar penyuluhan hukum diikuti seluruh personel jajaran Kodim 0712/Tegal, Jumat (02/9/2016).

Pemberi materi Kasiduk Kumdam IV/Diponegoro Mayor CHK Winarjo SH dan Paur Undang Kumdam IV/Diponegoro Kapten Chk H.Waruru SH yang bertempat di Aula Makodim 0712/Tegal.

“Acara penyuluhan  yang diikuti seluruh anggota personel jajaran Kodim 0712/Tegal dengan bertujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan disiplin, profesional  sehingga anggota dapat mengerti,” kata Dandim Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Hari Santoso S.Sos seraya berucap, tentunya kegiatan ini harus diimplementasikan dalan tugas sehari–harinya.

Masih kata Dandim Tegal, penyuluhan  hukum pada personel  Kodim 0712/Tegal  diharapkan dapat merealisasikan aturan  dalam kehidupan serta pelaksanaan tugas sehari-hari dengan lebih baik. Sehingga dalam setiap pelaksanaan tugasnya  berupaya meningkatkan pemahaman terhadap aturan serta larangan-larangan sesuai dengan  yang berlaku”jelas Letkol Inf Hari.

Lebih lanjutnya, hukum tersebut perlu diketahui dan dipedomani sehingga dalam pelaksanaan tugas di lapangan tidak menemukan kesulitan dan ragu-ragu dalam mengambil keputusan sehingga pelaksanaan tugas pokok dapat tercapai secara maksimal.

Sementara itu, Kasidukkumdam –IV/Diponegoro mengatakan, penyuluhan ini bertujuan agar personel paham tentang masalah hukum sehingga nanti kedepannya tidak akan terjadi pelanggaran  di Kodim 0712/Tegal, ini hanya sekedar mengingatkan saja.”Jelas Mayor Chk Winarjo

Disebutkan Mayor CHK Winarjo SH, ada tiga materi yang disampaikan yaitu, tentang narkoba, asusila, perampokan, perjudian, perkelahian dan peraturan disiplin Ini yang harus dipahami para anggota, agar tidak selalu melakukan pelanggaran.

Narkoba. Dalam hal ini, seluruh anggota pada intinya dihimbau agar menghindari penyalahgunaan narkoba terlebih saat ini bahkan negara Indonesia telah dinyatakan sebagai Darurat Narkoba.

Asusila. Kasus asusila merupakan Delik Aduan Absolut yang artinya adalah pengaduan dari mereka yang merasa dirugikan akibat dari kasus asusila, dalam hal ini juga disosilaisasikan tentang pasal pasal yang mengatur tentang sanksi hukum apabila prajurit melakukan pelanggaran asusiala seperti diantaranya tindak pencabulan, kesusilaan, asusila serta perzinahan, dan sebagainya.

Sanksi Adimistrasi. Adapun sanksi administrasi dapat diterapkan kepada prajurit melalukan pelanggaran apabila telah memiliki Skep Hukuman Disiplin dan Putusan Pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.

Anggota harus bisa menyadari bahwa terjadinya pelanggaran adalah karena faktor kurangnya kesadaran dan kelalaia”Jelas Kasidukkum

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0712/Tegal, Kasdim 0712/Tegal, Pabung Dim 0712/Tegal, Pa Staf Kodim 0712/Tegal, Para Danramil Jajaran Kodim 0712/Tegal, Kaminved Slawi,Personel TNI dan PNS Kodim 0712/Tegal.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer