BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim 0712/Tegal Hadi Dalam Pencanangan Hari Menanam Pohon di Desa Cacaban
Kodim 0712/Tegal Hadi Dalam Pencanangan Hari Menanam Pohon di Desa Cacaban

Kodim 0712/Tegal Hadi Dalam Pencanangan Hari Menanam Pohon di Desa Cacaban

Tegal, Selasa (8/12) Sebanyak 2.000 pohon dari berbagai jenis ditanam di OW.Desa Cacaban, Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal.
Bupati Tegal Enthus Susmono secara resmi mencanangkan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BNM) serta Penanaman Pohon Serentak dilaksanakan di OW Cacaban Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal.

Dalam kesempatan itu Kadistanbunhut Kabupaten Tegal, Khofifah dalam laporannya mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan bulan menanam pohon Indonesia tahun 2015.

Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Kabupaten Tegal mengatakan pemilihan tempat/lokasi peringatan HMPI dan BMN di OW Cacaban Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal dengan pertimbangan tempat strategis.

“Adapun yang akan ditanam di sekitar lokasi pencanangan ini sebanyak2.000 pohon terdiri dari sengon, Mohoni, Nangka, Pete, Asam, Durian dan Karet
Sementara Kadistanbunhut mengungkapkan hutan berperan sebagai penyangga kehidupan, baik berupa hasil hutan, kebutuhan pangan, ketersediaan air, sumber energi, oksigen, rekreasi dan konservasi.

“Kita turut prihatin bahwa masih terdapat kawasan hutan, hutan dan lahan yang belum direhabilitasi, walaupun kerusakan hutan dan lahan mengalami penurunan,” ungkapnya.

“Dampak penurunan luas lahan kritis tersebut adalah pulihnya hutan dan lahan sebagaimana fungsinya sehingga dapat diolah kembali untuk mendukung kehidupan,” jelasnya.

Dilaksanakannya kegiatan ini, jelas Bupati Tegal adalah sebagai sarana edukasi, peningkatan kepedulian, kemampuan dan kemandirian seluruh komponen bangsa akan pentingnya menanam dan memelihara pohon secara berkelanjutan untuk merehabilitasi hutan dan lahan.

Hari menanam pohon bertujuan untuk menambah tutupan lahan guna mencegah longsor dan banjir di musim hujan, menyerap karbon dioksida akibat dari mitigasi perubahan iklim dan penyediaan bahan baku industri pengolakahan kayu, pangan, dan energi terbarukan.

Sementara itu, dalam amanatnya Menteri Kehutanan yang dibacakan Bupati Tegal mengatakan penanaman Pohon tahun 2015 merupakan gerakan nyata penanam pohon secara massal yang bertujuan untuk menambah tutupan lahan dan mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor, konservasi keaneka-ragaman hayati (biodiversity), penyerapan karbon di atmosfir untuk pencegahan dampak perubahan iklim dan mendukung pembangunan ketahanan pangan, energi, dan ketersediaan air untuk kesejahteraan masyarakat.

Peringatan ini bertujuan untuk lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan melalui rehabilitasi dan lahan di seluruh Indonesia.

pembangunan lingkungan dan kehutanan selama ini. Kami berharap melalui semangat gotong royong dalam Gerakan Penanaman dan Pemeliharaan Pohon akan terbentuk ekosistem di sekitar kita yang pada akhirnya sektor lingkungan dan kehutanan dapat memberikan kontribusi pada perwujudan visi dan misi.

Hadir dalam kegiatan tersebut,Forkopinda Kab Tegal, SKPD se Kab.Tegal, Ka UPTD Se Kecamatan Kedung Banteng dan Masyarakat Kec.Kedungbanteng

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer