BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim 0712/Tegal Memberikan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa-Siswi SMP Negeri 14 Tegal
Kodim 0712/Tegal Memberikan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa-Siswi SMP Negeri 14 Tegal

Kodim 0712/Tegal Memberikan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa-Siswi SMP Negeri 14 Tegal

Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Yuli Setiyono membuka upacara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Siswa-Siswi SMP Negeri 14  Kota Tegal di lapangan apel Makodim 0712/Tegal.

Dalam amanatnya Dandim 0712/Tegal mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kodim 0712/Tegal untuk melaksanakan kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan, karakter kebangsaan serta bela negara bagi siswa-siswi SMP Negeri 14 Kota Tegal, baik teori maupun praktek sehingga nantinya dapat membangun karakter siswa-siswi menjadi lebih baik, mempunyai sifat kepemimpinan dan kedisiplinan yang tinggi serta dapat meningkatkan kesadaran dalam berbela negara.

“ Dilatar belakangi oleh perkembangan situasi dan kondisi saat ini yang penuh dengan tantangan maka diperlukan pelatihan yang berkaitan dengan tingkat kedisiplinan,semangat juang yang tinggi,serta militansi yang kuat diharapkan akan dapat meningkatkan kedisiplinan,ketahanan mental serta akan membentuk semangat pantang menyerah sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal” Kata Dandim.

Dandim 0712/Tegal berharap dengan di tiadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) ini peningkatkan mental kedisiplinan bagi siswa-siswi SMP Negeri 14 Kota Tegal yang dilaksanakan di Makodim 0712/Tegal ini dapat di ambil manfaatnya dari setiap kegiatan yang telah di ajarkan oleh para pelatih sehingga dapat diterapkan di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat nantinya.

“ Untuk itu waktu yang cukup singkat ini saya berharap kepada para pelatih dan pendukung agar dapat mencurahkan seluruh ilmu pengetahuan dan pengalaman sehingga materi yang telah di berikan natinya bermanfaat bagi seluruh siswa-siswi  SMP Negeri 14 Kota tegal dan lingkungannya “Ucap Mayor  Inf Yuli Setiyono S.Pd.

Dalam akhir amanatnya Kasdim 0712/Tegal berpesan kepada para peserta supaya ikuti latihan ini dengan penuh rasa tanggung jawab,sehingga ada manfaatnya baik kepada diri sendiri, sekolah maupun lingkungannya dan jaga kesehatan serta keamanan selama pelaksanaan kegiatan sehingga para peserta bisa mengikuti kegiatan selanjutnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pasi Ops Dim 0712/Tegal, Danramil 06/Kramat, Danramil 04/Warureja Kepala Sekolah serta Guru SMP Negeri 14 kota Tegal, anggota Ops Dim 0712/Tegal dan anggota siaga Kodim 0712/Tegal.

Kegiatan latihan dasar kepemimpinan di pimpin oleh Bati Ops Dim 0712/Tegal Pelda Marsana beserta anggota Ops Dim 0712/Tegal untuk melatih dan memberikan materi serta permainan yang ada.

Dalam materi Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk SMP  cenderung stagnan. Materi yang diberikan tidak mengalami pengembangan ataupun pendalaman yang lebih berarti. Sejak jaman orde baru isi dari materi LDK cenderung militeristik yang mengedepankan latihan dibidang fisik (baris ber baris) dan mental.

Tujuan yang hendak dicapai dengan kedua bentuk latihan tersebut adalah disiplin serta ketangguhan mental dalam memimpin.

Bentuk-bentuk latihan yang bersifat fisik, terutama dilakukan melalui latihan baris berbaris. Mulai dari ketrampilan baris-berbaris tingkat dasar, menengah sampai tingkat yang lebih tinggi.

Sedangkan latihan mental diisi dengan aneka kegiatan permainan yang memiliki nilai kepemimpinan memeriahkan acara LDK. Aneka permainan yang sering diberikan di dalam LDK misalnya: alam/outbound seperti rayapan tali satu, Jaring laba-laba, permainan air dan masukan bola ke ember dengan pandangan terikat oleh kain sehingga tidak terlihat yang dikomandoi oleh teman-temannya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer