BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim 0713/Brebes Gelar Rakor Persiapan Musim Tanam Dalam Rangka Upsus Swadaya
Kodim 0713/Brebes Gelar Rakor Persiapan Musim Tanam Dalam Rangka Upsus Swadaya

Kodim 0713/Brebes Gelar Rakor Persiapan Musim Tanam Dalam Rangka Upsus Swadaya

Kodim 0713/Brebes bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Brebes menggelar rapat koordinasi tentang Persiapan Musim Tanam Dalam Rangka Upaya Khusus Swadaya Pangan Tahun 2015/2016 (25/11). Rapat koordinasi tersebut dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Brebes Ir. Budiharso Dwi Hartono mewakili Bupati Brebes, Danramil 01/Brebes Kapten Arh Dirman mewakili Dandim 0713/Brebes, Komisi II DPRD Kab. Brebes bapak Rawuh Gunawan, Kepala DPESDM Kab. Brebes, Camat Se Kab. Brebes, Danramil jajaran Kodim 0713/Brebes, Koordinator Program Pertanian se Kab. Brebes, BMKG Kab. Brebes, penyuluh pertanian dan Gapoktan.

Dalam sambutan Bupati Brebes yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pertanian menyampaikan, “ Komoditas pangan merupakan komoditas yang bersifat strategis, berdimensi sosial ekonomi dan politik. Ketergantungan penyediaan pangan pada pihak luar akan sangat berbahaya terhadap stabilitas politik bahkan kedaulatan bangsa, oleh sebab itu pemerintah menempatkan lima komoditas pangan strategis yaituberas, jagung, kedelai, gula dan daging sapi menjadi sasaran pencapaian swasembada pangan nasional. Kita memiliki tanggung jawab yang besar untuk bisa mmewujudkan sasaran kedaulatan pangan dengan melakukan mobilisasi dan koordinasi sumber daya yang kita miliki. Saya berharap melalui Rakor ini dapat dirumuskan langkah aksi sebagai tindak lanjut terkait pembangunan kedaulatan pangan yang dapat diterapkan di daerah khususnya di Kabupaten Brebes “.

Pada kesempatan yang sama, Pasiter Kodim 0713/Brebes Kapten Inf Sholehudin mengatakan, “Keterkaitan TNI AD dalam swasembada pangan adalah hasil dari MOU Presiden RI dengan Panglima TNI yang mana TNI AD akan dilibatkan secara langsung untuk menjadi pendamping pertanian dalam mendukung swasembada pangan nasional. Dengan adanya pendampingan TNI AD dalam bidang pertanian, khususnya diwilayah Kabupaten Brebes untuk tahun ini meningkat hasil produksi pertaniaannya dibandingkan dengan tahun sebelumnya “.

Diharapkan dengan diselenggarakannya Rakor ini, untuk hasil produksi dan panen pertaniaan diwilayah Kabupaten Brebes pada tahun 2016 akan meningkat sehingga cita-cita untuk mencapai swasembada pangan juga akan mudah diwujudkan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer