BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim 0714 Salatiga akan Bangun Rumah Tak Layak Huni Secara Swadaya
Kodim 0714 Salatiga akan Bangun Rumah Tak Layak Huni Secara Swadaya

Kodim 0714 Salatiga akan Bangun Rumah Tak Layak Huni Secara Swadaya

Kab. Semarang. Kodim 0714 Salatiga Temukan Rumah Tak Layak Huni tak layak huni beratap plastik dan menjadi satu dengan kandang ayam, ditemukan di RT 2 RW 4 Dusun Randusari, Desa/Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Padahal rumah itu hanya berjarak sekitar 100m dari Jalan Raya Semarang-Solo. Ya, rumah milik Triyana Sugiyanto (51), pedagang keliling itu, ditempati bersama istri dan empat anaknya.

Melihat kondisi yang sedemikian Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Budi Rahmawan, langsung memerintahkan personelnya memperbaiki rumah tersebut. Dengan swadaya dari Kodim dan bantuan donatur, pengerjaan rumah Triyana tersebut akan dimulai pembangunannya pada hari ini (11/2).

Kondisinya sangat memprihatinkan, karena ketika hujan, praktis rumah tersebut bocor di berbagai tempat. Bahkan ketika hujan deras, masakan dan makanan terkadang bercampur dengan cipratan air hujan. Rumah itu pun tidak dilengkapi dengan MCK yang layak. Triyana berusaha membuat permanen rumahnya, namun tidak selesai dan hanya bisa mendirikan tembok batako. Karena tidak ada biaya, maka terpaksa atapnya ditutup dengan terpal dan plastik bekas.

”Saya berinisiatif melakukan renovasi karena sangat mendesak. Keluarga itu tidak nyaman hidup karena musim hujan. Personel TNI kami terjunkan untuk memperbaiki rumah tersebut. Saya yakin, meski dengan keterbatasan biaya, namun dengan niat tulus, rumah milik warga tidak mampu ini bisa diperbaiki,” ungkap Dandim, didampingi Kasdim Mayor Sintus Waleng, kemarin.

Dandim mengungkapkan, sebelumnya pihaknya telah meminta seluruh Danramil dan Babinsa di wilayahnya memantau kondisi ekonomi masyarakat, termasuk di dalamnya kondisi rumah warga. Dari temuan Babinsa Koramil Tengaran, Serma Fajar, dilaporkan adanya rumah warga tidak layak huni dan butuh bantuan. Diketahui Triyana dan istrinya Suginah merupakan pedagang keliling. Seorang anaknya baru saja mengalami kecelakaan dan seorang lainnya sejak kecil sakit folio.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer