BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim 0716 Demak Pasang Repeater Dalam Satgas Penanggulangan Bencana
Kodim 0716  Demak Pasang Repeater Dalam Satgas Penanggulangan Bencana

Kodim 0716 Demak Pasang Repeater Dalam Satgas Penanggulangan Bencana

Dalam mendukung kelancaran komunikasi dengan menggunakan HT, topografi suatu daerah sangat mempengaruhi kualitas penerimaan maupun pengiriman suatu pesan. Hal ini bila ada halangan gunung atau bukit maka signal akan terputus. Untuk bisa menyambung lagi maka diperlukan alat untuk mengulang signal yang dipancarkan dari radio satu ke radio lainnya, atau Repeater.

Repeater (RPU= radio pancar ulang) adalah sebuah stasiun untuk menerima sinyal yang masuk dan mengirimnya kembali pada frekuensi yang berbeda. Repeater  bermanfaat untuk memperluas jangkauan komunikasi radio hingga radius 40-100km bahkan bisa lebih. Tanpa repeater, antar pesawat HT dengan power 5watt hanya menjangkau 2-5km efektif di perkotaan. Bandingkan jika dengan mempergunakan RPU, hanya dengan HT bisa mencapai radius 20-60km.

Untuk memaksimalkan jangkauan, Repeater biasanya diletakkan dipuncak gunung maupun tower yang tinggi agar bisa menerima dan mengirim dalam jangkuan luas. Semakin tinggi penempatan Repeater dan antenanya, semakin jelas pula signal radio yang di terimanya.

Untuk itu dalam hal ini Kodim 0716 Demak, sudah memasang  “Radio Komunikasi stasiun pancar ulang dalam Satuan Tugas Penanggulangan Bencana” dengan Repeater + link (Motorolla CDR 500 sebagi Server utama) yang dipasang di tower PT.Inti Bangun Sejahtera(IBS) di desa Wonokerto Kec.Karangtengah Kab.Demak (9/10). Pemasangan radio tersebut bertujuan untuk memperlancar hubungan antara satu pihak dengan pihak yang lainnya.

Sebelumnya, Kodim 0716 Demak sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informasi (Dishubkominfo) dan pemilik tower,mengenai di titik mana akan didirikannya stasiun pemancar ulang milik Kodim 0716 Demak untuk tanggap bencana dalam menghadapi musim penghujan ini dikarenakan sebagian wilayah demak saat ini dilewati sabuk biru (sungai)sehingga berpotensi terhadap bencana banjir.

Dandim 0716 Demak, Letkol Inf Nanang T.T Wibisono S.A.P, ketika dikonfirmasi tentang pemasangan radio pemancar ulang ini mengatakan bahwa saat ini Kodim 0716 Demak telah memiliki 2 buah Repeater, masing-masing dipasang di tower milik PT.IBS serta di tower Gunung Muria dengan Repeater + link (Motorolla CDR 500 sebagai sutama) yang bisa digunakan sebagai sarana komunikasi dalam operasional.

“Ini hal yang sangat bagus, sehingga kedepan mengenai pelaksanaan operasional dalam hal komunikasi akan lebih lancar. Apa lagi menjelang musim penghujan dalam tanggap bencana banjir. Oleh karena itu direncanakan pemasangan alat Komunikasi tersebut bisa rampung dan dapat dipergunakan sebelum datang musim penghujan,” ujar Nanang.

Ia menjelaskan, dengan adanya radio komunikasi akan mempermudah kelancaran untuk berkomunikasi, karena komunikasi yang baik merupakan salah satu faktor yang penting dalam mewujudkan kinerja aparat teritorial dalam hal ini Babinsa dalam memberikan informasi.

“Semoga dengan adanya radio ini bisa bermanfaat untuk kita dan semua masyarakat, selain itu peran serta masyarakat juga sangat penting,” ungkap Dandim.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer