BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim 0724/Boyolali Galakkan Penanaman Pohon Kelapa Agar Tetap Lestari
Kodim 0724/Boyolali Galakkan Penanaman Pohon Kelapa Agar Tetap Lestari

Kodim 0724/Boyolali Galakkan Penanaman Pohon Kelapa Agar Tetap Lestari

Pohon kelapa merupakan salah satu pohon di jagad raya ini yang memiliki segudang manfaat. Agar tetap terjaga kelestariannya maka kepedulian dari kita selaku aparat teritorial untuk mengajak masyarakat di wilayah binaan dalam menyelamatkan kelestarian pohon kelapa tersebut. Berbagai manfaat yang diperoleh dari pohon kelapa baik dari batang pohon, daun, pelepah, bunga maupun buahnya dapat dijadikan komoditi eksport maupun untuk kebutuhan dalam negeri.

Pada kesempatan musim penghujan ini dimanfaatkan oleh para Babinsa Kodim 0724/Boyolali untuk berperan serta di wilayah binaannya dalam memotivator masyarakat untuk melestarikan pohon kelapa tersebut agar anak cucu kita nanti masih dapat memperoleh segudang manfaat dari pohon kelapa tersebut. Sebanyak 235 pohon kelapa telah berhasil ditanam oleh para Babinsa Kodim 0724/Boyolali di wilayah binaan masing-masing.

Selain menanam pohon kelapa para  Babinsa mempunyai tugas untuk mendorong kesadaran masyarakat dalam melestarikan pohon kelapa tersebut. Memang kelestarian pohon kelapa ini perlu kita jaga karena kalau kita lihat sekarang masyarakat  menanam pohon yang berumur panjang melainkan mereka lebih cenderung menanam pohon yang cepat dipanen dan bisa di jual untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Padahal perlu kita ketahui bahwa manfaat pohon kelapa sangat bermacam-macam antara lain :

  1. Batang pohon untuk bahan bangunan
  2. Pelepah dan sabut kelapa untuk bahan kerajinan
  3. Daun untuk kerajinan atau untuk piranti acara adat
  4. Lidi untuk membuat sapu lidi dan tusuk sate
  5. Manggar/daun kelapa untuk membuat sayur gudeg
  6. Sari bunga/manggar untuk membuat bahan gula merah
  7. Batok kelapa untuk kerajinan
  8. Buah kelapa untuk bahan santan
  9. Air kelapa untuk bahan minuman
Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer