BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim 0725/Sragen Gelar Sosialisasi Gejala Penyakit Stroke dan Jantung
Kodim 0725/Sragen Gelar Sosialisasi Gejala Penyakit Stroke dan Jantung

Kodim 0725/Sragen Gelar Sosialisasi Gejala Penyakit Stroke dan Jantung

190 Prajurit dan PNS Kodim 0725/Sragen menerima sosialisasi gejala penyakit stroke dan jantung pada hari Senin Tanggal, 18 Mei 2015 bertempat di Gedung Korpri Kab. Sragen, dengan narasumber H. Sulkan  dari PT Unibio indonesia.

Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia, karena jantung merupakan pemompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh mendapatkan oksigen dan sari makanan yang sangat dibutuhkan dalam metabolisme tubuh.oleh karena itu, jantung perlu dijaga agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. “Penyakit jantung koroner adalah Penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah koroner akibat kerusakan lapisan dinding pembuluh yang diikuti oleh penebalan dan kekakuan pembuluh tersebut (aterosklerosis). Beberapa Faktor resiko penyakit Jantung Koroner adalah sebagai berikut : Merokok, Hipertensi, Diabetes Mellitus, Diet : Tinggi Lemak Jenuh dan Kolesterol, Peningkatan Kadar Kolesterol Total dan LDL, Kadar Kolesterol HDL Rendah, Obesitas dan Kurang Aktivitas Fisik.

Apabila Terjadi Serangan Jantung Pastikan keluhan yang dirasakan, baringkan penderita, panggil dokter / langsung di bawa ke RS, Aspirin dapat diberikan untuk dikunyah. Bila penderita tidak sadarkan diri , segera lakukan resusitasi jantung paru dg melakukan bantuan hidup dasar. Salah satu upaya pencegahan adalah Pola makan yang baik, Gunakan aneka ragam bahan makanan, dengan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Batasi penggunaan garam dapur, anjuran maksimum sebanyak 5 gram per hari (WHO). Garam Natrium yang ditambahkan ke dalam makanan dapat berupa ikatan natrium chlorida atau garam dapur, vetsin atau monosodium glutamat, soda kue, natrium benzoat dan nitrit/ senyawa yang digunakan untuk mengawetkan daging. Hindari Stres, Selalu berdoa, berserah diri kepada Allah SWT, Jangan “ngoyo”, Memaafkan tidak memiliki dendam, Jangan terburu-buru, Harus punya hobby, dll adalah kunci menghindari penyakit jantung koroner.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer