BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / KODIM 0728/WONOGIRI SAMBUT TAHUN BARU ISLAM 1438 H
KODIM 0728/WONOGIRI SAMBUT TAHUN BARU ISLAM 1438 H

KODIM 0728/WONOGIRI SAMBUT TAHUN BARU ISLAM 1438 H

Selasa (1/11/16) bertempat diaula Kodim 0728/Wonogiri, warga besar Kodim 0728/wonogiri (TNI, PNS & PERSIT) menyambut Tahun Baru Islam 1438 H, dengan tema “Dengan Tahun Baru Islam 1438 H/2016 M Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Sebagai Landasan Moral Dan Spiritual, Guna Mewujudkan TNI Yang Kuat, Hebat, Profesional Serta Dicintai Rakyat”

Acara ini dihadiri Letkol (purn) Sutopo Broto (mubalig), Ketua Persit KCK Cabang XLIX Ny. Basuki Sepriadi, Kepala staf Mayor Inf Handoko Setyo Budi (Kasdim), para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pns Kodim 0728/Wonogiri dan Kanminvetcad IV/34 Wonogiri, Wk ketua dan anggota Persit KCK Cab XLIX Rem 074 PD IV/Dip.

Dandim dalam sambutannya mengampaikan bahwa, Peringatan hari besar Keagamaan diselenggarakan guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Karena Iman dan Taqwa adalah landasan moral yang hakiki dalam kehidupan kita sebagai Prajurit, PNS dan Keluarganya. Dalam menghadapi tahun baru Islam, kita harus pandai pandai mengoreksi diri bagaimana amal perbuatan yang telah kuta lakukan apakah sudah baik atau belum, kalau sudah baik tingkatkan dan apabila masih banyak kekurangan kita perbaiki.

Dandim juga menyampaikan Firman Alllah SWT dalam surat Al-Hasryr ayat 8 yang artinya “Wahai orang orang yang beriman Bertaqwalah kalian kepada Allah SWT dan hendaklah setiap jiwa memperhatikan apa yang sudah dilakukan untuk hari Esok”, ayat tersebut memberikan pengertian bahwa kita dianjurkan supaya takut kepada Allah SWT dan mengoreksi diri kita masing masing atas segala perbuatan yang telah lakukan untuk menghadapi hari esok (hidup diakherat kelak).

Oleh karena itu peringatan menyambut tahun baru islam ini adalah merupakan momentum berkaca diri dan refleksi diri sejauh mana nilai nilai ajaran Rosulullah SAW, kita jadikan sebagai penuntun dan penyuluh hidup agar hidup ini terarah, terhindar dari lembah kesesatan.

Selanjutnya inti ceramah yang disampaikan oleh penceramah Letkol (purn) Sutopo Broto yang intinya bahwa menurut perhitungan bulan islam, ini merupakan peringatan peristiwa bersejarah umat islam sebagai hari besar. Adapun yang menjadi titik balik atau tolak ukur, sebagai tahun baru Islam adalah merujuk kepada perjalanan Rasululloh Muhammad SAW ketika melakukan hijriah dari kota Mekkah ke Madinah sesuai perintah Allah SWT.

Kita juga diperintahkan berhijrah sebagaimana Rasululloh SAW. diperintah hijrah, hanya saja hijrah yang harus kita lakukan sekarang ini adalah Hijrah Qalbiyah, yaitu yaitu berusaha memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri. Berusaha supaya masa depan kita lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini. Maka peristiwa hijrahnya Rasul tersebut marilah marilag kita jadikan promotor atau pendorong untuk kita melakukan hijrah dari kemaksiatan menuju ketaatan , dari kemusrikan menuju ketauhidan, dari kebodohan menuju kemajuan dan dari kemiskinan menuju kecukupan. Dengan menyambut tahun baru Islam ini adalah momen untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer