BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim 0729/Bantul Menggelar Upacara HUT TNI ke 71
Kodim 0729/Bantul Menggelar Upacara  HUT TNI ke 71

Kodim 0729/Bantul Menggelar Upacara HUT TNI ke 71

Dalam rangka HUT TNI ke 71, jajaran Kodim 0729/Bantul menggelar  upacara bendera di Makodim dengan Irup Kasdim, Mayor (Inf) Suwarno, Rabu (5/10). Upacara selain diikuti internal keluarga besar Kodim Bantul,  juga para pejabat di  Bantul, LVRI, mahasiswa, pelajar dan Menwa.

Acara diisi juga dengan pertunjukan tari kolosal  menceritakan perjuangan tentara dalam meraih kemerdekaan di masa lalu  yang dimainkan oleh para mahasiswa, pelajar dan anggota TNI sendiri. Serta pemotongan tumpeng dari Kasdim kepada anggota termuda.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasdim,Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan untuk tahun ini HUT TNI memang tidak dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan upacara  parade, defile dan demontrasi atraktif para prajurit maupun Alutsista TNI, tetapi upacara dilaksanakan di tingkat daerah secara sederhana.

“Harapan saya semoga kegiatan yang kita laksanakan kali ini tidak mengurangi makna dan kemeriahan peringatan itu sendiri karena tiap-tiap wilayah  TNI melaksanakan upacara yang dipadukan dengan pertunjukan seni dengan mengangkat kearifan lokal seperti baca puisi, cipta lagu dan tarian daerah setempat,”kata Panglima.

Juga diadakan kegiatan bhakti sosial bedah rumah, operasi katarak  dan pengobatan massal yang merupakan wujud kepedulian TNI kepafa rakyat.

“Penyeleggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggung jawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dilaksanakan khususnya pada Tahun Anggaran 2016,”katanya.

Oleh karena itu tema pokok pada kegiatan HUT TNI ke 71 adalah “Bersama Rakyat TNI kuat, Hebat,Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Berdaulat, Mandiri  dan Berkepribadian”.

Makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis.

Kesejatian tersebut harus terus ditumbuh kembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin  modern sehingga kecintaan akan terbangun sebagai modal pokok.

Selama ini TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melalui Operasi Militer Perang (OMP) ataupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Khususnya dalam OSMP berbagai tugas telah dilakukan oleh prajurit TNI dengan baik yang melebihi panggilan tugas.

Tugas-tugas tersebut merupakan refleksi prestasi dan kinerja optimal yang dipersembahkan TNI kepada rakyat Indonesia seperti penanggulangan kebakaran hutan, bantuan kepada korban bencana alam banjir bandang dan tanah longsor seperti di Garut, Jawa Barat serta yang masih melekat diingatan adalah keberhasilan TNI melaksanakan operasi Tinombala dalam rangka menumpas aksi terorisme. Dalam kaitan tersebut TNI senantiasa membangun mekanisme kerja dan hubungan kelembagaan dengan segenap komponen bangsa dalam rangka meningkatkan ketahanan masyarakat dan ketahanan nasional.

Selain itu Panglima TNI juga mengingatkan terkait Pilkada serentak 2017, dirinya memerintahkan seluruh prajurit TNI beserta PNS TNI wajib mengedepankan netralitas TNI dalam setiap tahapan proses Pilkada. Selanjutnya setiap prajurit baik perorangan maupun institusi wajib untuk selalu mewaspadai setiap perkembangan situasi di lingkungannya serta melaksanakan temu cepat dan lapor cepat secara hirarkis apabila ada indikasi tindakan ketidak netralan prajurit TNI dan PNS TNI yang berindikasi  mengarah kepada menghambat, menganggu atau menggagalkan Pilkada.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer