BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim 0733-BS/Semarang Ikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam 2015/2016
Kodim 0733-BS/Semarang Ikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam 2015/2016

Kodim 0733-BS/Semarang Ikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam 2015/2016

Bertempat dilapangan Garnisun Kalisari Semarang telah digelar Apel bersama dengan tema ”Pemerintah dan Masyarakat Kota Semarang Siap Menghadapi bencana Tahun 2015/2016”, Rabu(21/10).

Kegiatan tersebut diikuti sekitar seribu personel gabungan petugas yang terdiri dari Kodim 0733-BS/Semarang, Lanal Semarang, Sat Brimob Polda Jateng, Polrestabes Semarang, Satpol PP, Dinas Kebakaran, Dishubkominfo, Kantor SAR Kota Semarang, BPBD Kota Semarang serta BPBD Provinsi Jawa Tengah. Selaku perwira upacara dalam kegiatan apel tersebut adalah Kaur Komsos Kodim 0733-BS/Semarang Kapten Inf Rizki Sudarmanto dan selaku komandan upacara Wadanramil 09/Ngaliyan Kapten Inf Sugeng Wiratno. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap ancaman potensi bencana wilayah di Kota Semarang.

Apel dipimpin langsung oleh Plh Sekda Kota Semarang Ir. Eko Cahyono,M.T. dalam sambutannya menyampaikan,” Bahwa penyelenggaraan apel penanggulangan bencana yang dilaksanakan setiap tahun ini diharapkan bukan sekedar acara seremonial namun lebih sebagai wujud kewaspadaan dan kesiapsiagaan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana alam, sebab musim penghujan diperkirakan akan datang di bulan November dengan hujan ekstrem yang diperkirakan terjadi pada bulan Desember 2015 sampai dengan Februari 2016. Hal ini akan berdampak pada ancaman tanah longsor, banjir dan rob di beberapa wilayah Kota Semarang, peristiwa bencana alam seperti banjir bandang yang pernah terjadi di Kelurahan Wonosari, Mangkang Wetan dan Mangunharjo serta kebakaran Pasar Johar dan peristiwa bencana alam lain hendaknya bisa diambil hikmah dan pelajaran agar kesiapsiagaan terus ditingkatkan serta dengan banyaknya peralatan maupun perlengkapan agar diimbangi dengan kerja keras, disiplin, bertanggungjawab, berdedikasi tinggi dan yang terpenting adalah selalu siap dan tanggap melayani masyarakat, kalau perlu saat musim hujan dalam 24 jam kita harus siap ”, Ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut sejumlah alat berat disiapkan, di antaranya Backhoe, mobil pemadam kebakaran, mobil patroli Satpol PP, ambulance PMI dan Dinas Kesehatan Kota Semarang,mobil evakuasi basarnas dan BPBD, Truk evakuasi dan mobil ambulance dari Kodim 0733-BS/Kota Semarang serta truk pengangkut sampah.Di sela-sela pengecekan kesiapsiagaan personel, kendaraan, peralatan, perlengkapan sarana dan prasarana Dandim 0733-BS/Semarang Kolonel Kav Puji Setiono mengatakan,” Bahwa Kodim 0733-BS/Semarang selaku satuan Komando Teritorial/Satkowil siap ikut berperan aktif bersama komponen pemerintah daerah dan komponen masyarakat yang lain untuk membantu masyarakat Kota Semarang dalam menghadapi setiap potensi bencana alam yang ada di wilayah Kota Semarang”,Ungkapnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer