BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim Bantul Bersama Masyarakat Tanam Cemara Udang dan Nyamlung di Kawasan Parangkusumo
Kodim Bantul Bersama Masyarakat Tanam Cemara Udang dan Nyamlung di Kawasan Parangkusumo

Kodim Bantul Bersama Masyarakat Tanam Cemara Udang dan Nyamlung di Kawasan Parangkusumo

Untuk menciptakan lingkungan yang  hijau, jajaran Kodim 0729/Bantul dipimpin Dandim Letkol Kav Tumadi S.Sos, jajaran SAR pantai selatan dan masyarakat melakukan penanaman pohon cemara udang dan  pohon nyamplung di kawasan  Parangkusumo, Sabtu (26/9). Kegiatan ini digelar dalam rangka peringatan HUT TNI ke-70. Penanaman  secara simbolis oleh berbagai pihak ini rencananya akan dilanjutkan di waktu-waktu mendatang.

“Kegiatan ini selain untuk memperingati HUT TNI ke-70, juga sebagai wujud kepedulian TNI  terhadap kelestarian alam dan lingkungan,”kata Dandim. Selain juga keberadaan pohon cemara udang bisa menjadi tempat berteduh wisatawan ketika berwisata seperti yang terlihat di Pantai Baru dan Pantai Goa Cemara dimana keberadaan pohon tersebut sangat bermanfaat untuk menciptakan keteduhan. Bahkan bisa menjadi tambahan daya tarik obyek wisata.

Keberadaan pohon cemara udang, juga berfungsi sebagai penahan ombak sehingga bisa meredam  dampak tsunami yang merugikan masyarakat. “Kami berharap kegiatan penanaman cemara udang ini tidak terhenti hanya sampai saat ini, namun bisa dilanjutkan di masa mendatang. Tidak hanya TNI tetapi juga pihak-pihak lain yang peduli terhadap kelestarian lingkungan,” kata Dandim. Sedangkan  keberadaan pohon nyamplung, juga bisa dimanfaatkan untuk bahan baku energi alternatif.

Seperti diketahui biji nyamplung bisa diolah menjadi bio diesel sebagai pengganti solar. Dengan pengembangan energi alternatif, maka ketahanan energi bisa tercipta di tanah air . Karena masyarakat tidak bisa lagi hanya mengandalkan energi bersumber fosil  karena semakin lama akan semakin menipis sedangkan  populasi manusia bertambah. Maka pengembangan energi alternatif termasuk pengembangan bahan bakunya termasuk  pohon nyamplung sangatlah penting dan  bermanfaat

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer