BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim Bantul Gelar Donor Darah
Kodim Bantul Gelar Donor Darah

Kodim Bantul Gelar Donor Darah

BANTUL- Dalam rangka HUT TNI ke 70, jajaran Kodim 0729/Bantul menggelar kegiatan bhakti sosial berupa donor darah dan pemberian paket sembako kepada tukang becak di Aula Makodim, Rabu (30/9). Kegiatan ini melibatkan anggota TNI AD, perwakilan TNI AL dan TNI AU, anggota Persit Kartika Chandra Kirana (PKCK) Cabang XXX,PNS, ormas dan   berbagai unsur lainnya.

kantong darah terdiri golongan darah A sebanyak 81 kantong, golongan darah B sebanyak 155 kantong, golongan darah 0 sebanyak 160 kantong dan golongan darah AB sebanyak 13 kantong. Sedangkan 151  lainnya gagal donor karena berbagai faktor seperti gagal HB, gagal tensi dan  faktor penghambat lainnya. Sementara untuk  sembako yang dibagikan ada 100 paket terdiri beras, minyak goreng, gula pasir dan mie instan.

“Kegiatan yang kami lakukan ini ada yang sifatnya internal ada yang eksternal. Untuk donor darah dan pemberian paket sembako bertujuan untuk memberi bantuan dan perhatian kepada sesama yang membutuhkan. Apalagi  untuk donor darah, bahwa setetes darah kita sangat berarti bagi nyawa orang lain,” kata Dandim.

Selain Bhaksos, pihaknya juga sudah melaksanakan kegiatan anjangsana pada 21 September lalu, kepada anggota Pepabri yakni. Peltu Purn Tirakat, di Wonotawang, Desa Bangunjiwo, Kasihan; dan       Serda Purn Winarto, di Desa Tirtohargo, Kec. Kretek.

 

Juga kepada dua orang Warakawuri yakni Ny. Dwi Kresnojati di  Asrama Kodim 0729/Bantul dan      Ny. Sugiyanto.  Dusun   Kanoman, Pleret, Anjangsana juga dilakukan kepada dua orang Veteran yakni  Bahrun Dusun   Mandingan, Desa  Ringinharjo, dan  Harto Jumingan. Di alamat yang sama. Saat anjangsana diberikan juga tali asih.

 

“Kita juga mengikutkan masyarakat utuk operasi katarak gratis di Rumkit TK II  dr. Soetarto   Denkesyah 04.04.02, Jogja. Dari 8 orang yang mendaftar dan diperiksa kesehatannya,  ada 3 yang memenuhi syarat. Mereka menjalani operasi tanggal 30 September,”katanya..  Anggota TNI juga menggelar kegiatan tanam pohon cemara udang dan nyamplung di Pantai Parangkusumo tanggal 26 September lalu.

 

“Kami berharap segala kegiatan tersebut  bisa memberikan manfaat tidak hanya bagi kami namun juga kepada masyarakat. Semua kegiatan juga sebagai wujud kemanunggalan TNI-Rakyat. Karena TNI bisa kuat dan TNI besar karena rakyat,” katanya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer