BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Kodim Dampingi Petani Tingkatkan Swasembada Pangan

Kodim Dampingi Petani Tingkatkan Swasembada Pangan

PURWOREJO (KRjogja.com) – Guna meningkatkan swasembada pangan, khususnya padi, jagung, dan kedelai, Kodim 0708 mendapat mandat untuk mendapingi para petani di Kabupaten Purworejo. Pendapingan dilakukan secara kelompok di daerah sentra komoditas tanaman pangan.

“Pendampingan kami lakukan di 13 dari 16 kecamatan yang ada di Purworejo,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0708 Purworejo Letkol Inf Arry Sundoro Ssos, Selasa (13/0112015).

Pendampingan petani dalam meningkatkan swasembada pangan ini menurut Arry Sundoro, dilakukan mulai dari teknis pengolahan lahan, penanaman hingga pemupukan dan panen. “Segala biaya dalam pendampingan ini kita bantu, yang
penting petani mampu meningkatkan produksi,” jelasnya.

Dalam pendampingan ini katanya, juga menyangkut infrastruktur terutama jaringan irigasi yang sangat dibutuhkan petani. “Banyak jaringan irigasi di Purworeo rusak, sehingga ketika musim kemarau, air irigasi tidak bisa sampai lahan pertanian yang berada di darah ujung. Sebab banyak air yang bocor di tengah jalan,” katanya.

Dengan perbaikan berbagai insfrastruktur petanian ini, diharapkan petani mampu mengolah lahannya pada setiap musim. “Tidak hanya bergantung pada air hujan saja,” tegas AIry Sundor. (Nar)

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer