BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim Kebumen Buat Lahan Demplot Pertanian
Kodim Kebumen Buat Lahan Demplot Pertanian

Kodim Kebumen Buat Lahan Demplot Pertanian

Bertempat di Desa Purbowangi Kec. Buayan Kab. Kebumen digelar acara penyerahan Demplot pertanian dengan bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Kebumen dengan luas lahan 0,252 Ha atau 180 Ubin, Rabu (8/4).

Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap obyek yang didemontrasikan. Demplot bisa berupa Inovasi teknologi budidaya, VUB (Varietas Unggul Baru), pemupukan dan lain-lain, disesuaikan dengan demografi wilayah.

Di wilayah Desa Purbowangi yang merupakan wilayah binaan Upaya Khusus Kodim 0709/Kebumen dilakukan, yakni Demplot Tabela (Tanam Benih Langsung) dan Tapin (Tanam Pindah) yang dilakukan oleh Kodim 0709/Kebumen bekerjasama dengan Distannak Kabupaten Kebumen dengan luas lahan Demplot 0,252 hektare atau sekitar 180 ubin. Pada lahan demplot Tabela ditanam Varietas Lokal yakni Ciherang, sedangkan pada lahan demplot Tapin ditanam VUB, yakni Varietas Inpari 13 yang berdasarkan hasil penelitian BB Padi Kebumen memiliki beberapa keunggulan, diantaranya, tahan Hama WBC, Umur Genjah dan Potensi Produksi Tinggi.

Pada acara penyerahan Demplot dari Distannak Kebumen kepada Kodim 0709/Kebumen yang dilaksanakan di ruang aula Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen berjalan lancar. Dalam acara tersebut hadir Kepala Distannak Kebumen Ir. Puji Rahayu jajaran Muspika Kec. Buayan dan para Kelompok Tani.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer