BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim Rembang Dampingi Petani Panen Raya Padi Hibrida Intani
Kodim Rembang Dampingi Petani Panen Raya Padi Hibrida Intani

Kodim Rembang Dampingi Petani Panen Raya Padi Hibrida Intani

Para petani Desa Sidorejo, Pamotan, menikmati panen raya benih padi varietas hibrida Intani 2 produksi PT BISI Internasional Tbk. Penggunaan varietas padi hibrida diharapkan untuk mendongkrak produktivitas lahan. Hal tersebut diungkapkan kepala Dinas Dispertanak Rembang Suratmin. “Peningkatan produksi mutlak diperlukan untuk mendukung swasembada Pajale (Padi, jagung dan kedelai) yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat, ” ungkapnya.

Varietas yang digunakan berasal dari produsen benih terbesar di Indonesia dengan merk dagang cap Kapal Terbang. Pemanfaatan padi hibrida merupakan terobosan baru meskipun pemanfaatannya masih relatif rendah dibandingkan penerapan benih hibrida lainnya. Maka, diperlukan pengamatan dan pengawalan bersama supaya hasilnya optimal dan hasilnya bisa dilihat dari hasil panen terdahulu. “Bulirnya lebih besar dan dalam satu rumpunnya lebih banyak sehingga penggunaan padi hibrida lebih menguntungkan petani dibandingkan padi non-hibrida, ” jelasnya.

Sementara, Bupati Rembang Abdul Hafidz didampingi Dandim 0720/Rembang Letkol Inf Wawan Indaryanto, S.Pd mengungkapkan sangat mendukung penggunaan padi hibrida dikalangan petani karena terbukti memiliki tingkat produktivitas tinggi sehingga bisa meningkatkan produksi dan menambah penghasilan petani yang rata-rata kepemilikan lahannya semakin sempit. Berdasarkan hasil ubinan dari tiga sampel yang diambil, diperoleh hasil rata-rata 8,4 ton/ha gabah kering panen (GKP). “Ini hasil yang bagus,” terangnya usai melihat langsung performa tanaman dan hasil panen padi hibrida yang merupakan laboratorium lapang program penerapan pengelolaan tanaman terpadu ( P2TT ) 2015.

Pada panen raya padi Hibrida Intani di Desa Sidorejo Kecamatan Pamotan dihadiri Bupati Rembang Abdul Hafidz, Dandim 0720/Rembang Letkol Inf Wawan Indaryanto, Kepala dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertanak) Kabupaten Rembang Suratmin beserta jajaran mantri tani serta para Babinsa Kodim Rembang.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer