BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim Rembang Gelar Kegiatan “Binsiap Apwil dan Puanter TW. III TA. 2016”
Kodim Rembang Gelar Kegiatan “Binsiap Apwil dan Puanter TW. III TA. 2016”

Kodim Rembang Gelar Kegiatan “Binsiap Apwil dan Puanter TW. III TA. 2016”

Rembang-,- Pembukaan sosialisasi Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Bin Siap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puan Ter), Kodim 0720/rembang Bidang Teritorial TW III TA. 2016, secara resmi dibuka Dandim 0720/Rembang Letnan Kolonel Inf Darmawan setiady Sip kamis (11/08/2016).

Kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter berlangsung selama 2 hari, diikuti Staf Makodim, Danramil dan Babinsa jajaran Makodim sebanyak 120 orang.

Dalam pengarahannya Dandim menyampaikan tentang pentingnya sosialisasi ini kepada prajurit Kowil agar nantinya bisa lebih memahami tugas dan fungsinya, sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikannya di lapangan.

“Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agar memiliki kesaman langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas”, tegas Dandim.

Lanjut Dandim, “sesuai UU RI Nomor 34 Tahun 2014 tentang TNI, khususnya pasal “8 point d” berbunyi bahwa Angkatan Darat bertugas “Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat”. Untuk itu tugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang diperankan oleh TNI khususnya Komando Kewilayahan (Satkowil) yang tergelar di wilayah salah satunya direalisasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial. Kemudian untuk mendukung kegiatan Binter tersebut dilaksanakanlah upaya peningkatan kemampuan Apkowil melalui kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter yang diselenggarakan setiap triwulan,” urai Dandim.

Di akhir sambutannya, Dandim menekankan “agar para peserta dan Babinsa senantiasa mendengarkan, menyimak, memahami dan mencermati setiap materi yang akan disampaikan oleh narasumber sehingga dapat mengimplementasikan saat pelaksanaan tugas di lapangan,” pungkas Dandim.

Di waktu yang sama, Pasi Inteldim 0720/Rembang kapten Inf Mustamir, berkesempatan menyampaikan materi “Analisa Kejadian” kepada seluruh anggota Babinsa Kodim 0720/Rembang, diantaranya mengenai pengertian Analisa Kejadian, Perencanaan, langkah-langkah, Persiapan, Pelaksanaan, Pengklasifikasikan wilayah, Perumusan sasasaran kegiatan Binter dan Pengakhiran.

“Prajurit Kowil harus mampu berintegrasi dengan komponen bangsa lain maka seyogyanya satuan membuat rencana penyelenggaraan kegiatan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial secara terprogram, sehingga terpelihara kemampuan aparat kewilayahan dalam menjabarkan dan mensosialisasikan Binter di wilayah, terwujudnya mental,disiplin dan semangat aparat yang tangguh dan profesional serta terwujudnya kemanunggalan TNI-Rakyat di wilayah teritorial Kodim 0720/Rembang,” jelas Pasi Inteldim

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer