BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim Tekan Pelanggaran Melalui Gaktib
Kodim Tekan Pelanggaran Melalui Gaktib

Kodim Tekan Pelanggaran Melalui Gaktib

Dalam rangka meningkatkaan pembinaan serta memperkecil pelanggaran hukum disiplin dan tata tertib prajurit, Kodim 0707 bekerja sama dengan Subdempom IV/21 Magelang, yakni menggelar operasi Gaktib (penegakan dan ketertiban) periode Triwulan 1 TA.2017 kepada personel TNI maupun PNS jajaran Kodim Wonosobo. Kendaraan yang berhasil diperiksa untuk roda 2 sejumlah 157 unit dan roda 4 sejumlah 33 unit sedangkan hasil yang diperoleh sejumlah 18 anggota yang kedapatan administrasinya tidak lengkap. Untuk gaktib saat ini bersifat pemeriksaan saja. Bagi yang belum lengkap masih diberi kelonggaran waktu untuk melengkapi adminsitrasi sesuai atauran yang ada. (20/2).

Operasi Gaktib dilaksanakan di halaman parkir satuan Kodim Wonosobo, dipimpin langsung oleh Dansubdempom Magelang Kapten Cpm Anastasius Supomo, SH bersama 6 anggota yang di dampingi Pasi Intel Kapten Inf Heru Utomo serta Dan Unit Intel Kodim Wonosobo Letda Inf Tulus Widodo. Sasarannya adalah pengecekan administrasi pribadi serta kelengkapan kendaraan bermontor dinas maupun non dinas.

Sasaran operasi adalah pengecekan administrasi kelengkapan kendaraan bermontor dinas maupun non dinas. Termasuk pengecekan fisik kendaraan, yang meliputi kelayakan ban, helm SNI, lampu, rem, SIM, STNK, KTA, Surat Ijin Jalan (SIJ).

Dansubdempom Kapten Cpm Anastasius Supono, SH menjelaskan, operasi gaktib tersebut dilaksanakan rutin dalam rangka untuk membantu pimpinan satuan dalam hal penegakan hukum, tata tertib dan disiplin. ”Dengan dilakukan Operasi gaktib secara kontinyu sesuai program komando atas diharapkan pelanggaran di kalangan prajurit TNI dan PNS semakin berkurang,” jelasnya.

Tidak hanya di Markas Kodim Wonosobo saja, operasi juga dilakukan di satuan lain seperti Batalyon serta Satuan Dinas Jawatan lainnya. Sub Denpom akan melaksanakan operasi di jalan raya bersama Provost Polisi juga guna menertibkan anggota yang tidak tertib. Dengan operasi ini pihaknya ingin memberikan contoh kepada masyarakat luas bahwa penegakan hukum yang dilakukan oleh aparat tidaklah pandang bulu. Operasi ini tujuannya untuk menekan indisiplin militer atau pelanggaran, demi tegaknya citra TNI yang cinta disiplin dan taat berlalu lintas serta menjadi pelopor keselamatan di jalan raya. Hal lain yang tak kalah penting, jika anggota sudah disiplin maka akan menjadi contoh bagi masyarakat dan semakin dicintai rakyat.

Sementara itu, Pasi Intel Kapten Inf. Heru Utomo mengemukakan, operasi Gaktib di satuan Kodim Wonosobo itu sebagai upaya untuk menegakkan disiplin dan tata tertib para prajurit dan PNS. Berhasil tidaknya pembangunan TNI bukan hanya tanggung jawab pimpinan TNI, melainkan juga ditangan segenap para prajurit TNI. Kesadaran dan kepatuhan terhadap hukum, norma-norma keprajuritan dan disiplin merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan TNI.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer