BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kodim Wonosobo Adakan Halal Bi Halal
Kodim Wonosobo Adakan Halal Bi Halal

Kodim Wonosobo Adakan Halal Bi Halal

Bertempat di halaman Makodim, setelah merayakan hari raya Idul Fitri Kodim Wonosobo menyelenggarakan acara halal bi halal. Acara didahului dengan apel pagi yang dipimpin langsung oleh Dandim 0707/Wsb Letkol Inf Agus M Latif, S.IP sebagai bentuk pengecekan anggota untuk kesiapan melaksanakan tugas pengabdian kepada negara. Usai pengecekan, seluruh anggota militer dan PNS mengikuti halal bi halal bersama Pemda bertempat di Pendopo Wonosobo (22/7).

Dalam sambutannya Letkol Inf Agus mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H Mohon maaf lahir batin. Selaku manusia tidak lepas dari salah dan khilaf. Jadikan momentum Idul Fitri untuk saling memaafkan satu sama lain, sehingga apabila ada permasalahan dengan sesama rekan, dengan idul fitri ini segala permasalahan tersebut bisa terselesaikan.

“Jadikan Idul Fitri sebagai ajang untuk kita sebagai aparat territorial untuk silaturahmi ke masyarakat, ke para tokoh agar bisa menciptakan situasi Wonosobo lebih kondusif. Jangan sampai kota wonosobo yang sudah terkenal dengan Kota HAM dan kerukunan beragama yang sangat baik ini tercoreng”, ujar Dandim. 

HALAL BI HALAL, adalah sebuah tradisi saling meminta dan memberi maaf satu sama lain di Indonesia. Kegiatan ini awalnya merupakan sebuah kegiatan ritual keagamaan, terutama bagi pemeluk agama islam di Indonesia.

Halal Bi Halal adalah refleksi ajaran Islam yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan, dan saling memberi kasih sayang. Fenomena Halal Bihalal sudah menjadi budaya. Budaya memaafkan, saling mengunjungi dan saling berbagi kasih sayang. Halal-bihalal yang merupakan tradisi khas bangsa Indonesia akhirnya menjadi sebuah simbol yang merefleksikan bahwa Islam adalah agama toleran, yang mengedepankan pendekatan hidup rukun dengan semua agama. Perbedaan agama bukanlah tanda untuk saling memusuhi dan mencurigai, tetapi hanyalah sebagai sarana untuk saling berlomba-lomba dalam kebajikan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer