BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / KOMANDAN KORAMIL 07/UMBULHARJO MERESMIKAN POS RONDA.
KOMANDAN KORAMIL 07/UMBULHARJO MERESMIKAN POS RONDA.

KOMANDAN KORAMIL 07/UMBULHARJO MERESMIKAN POS RONDA.

Umbulharjo(08/08)Sistem keamanan lingkungan (Siskamling) merupakan upaya bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat yang memberikan prlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya upaya pencegahan dan menangkal bentuk bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas yang dilaksanakan dalam lingkungan masyarakat kecil tingkat Rt/Rw. Dalam pelaksanaanya dilakukan dengan ronda/patroli untuk menjaga keamanan di wilayah setempat, dan biasanya terbagi dalam beberapa kelompok dan berkumpul di pos ronda/pos kamling.

Dalam pelaksanaan dilapangan masih banyak pos ronda/pos kamling yang belum layak/memenuhi standar. Seperti masih kurangnya alat komunikasi dan alat alat keamanan modern. Juga kurangnya data data tentang kamtibmas yang ada di pos ronda/pos kamling.Rata rata pos ronda/pos kamling yang ada di wilayah Kecamatan Umbulharjo merupakan pos ronda/pos kamling yang sudah lama sehingga banyak terdapat kerusakan. Kurangnya kesadaran Masyarakat tentang pentingnya siskamling khususnya di perkotaan juga merupakan salah satu masalah yang ada.

Untuk menggugah kembali kesadaran masyarakat tentang pentingnya siskamling,warga Rt.13/ Rw 03 Pandeyan, kel Pandeyan, kec.Umbulharjo secara swadaya membangun kembali pos kamling dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.Komandan Koramil pada kesempatan peresmian tersebut menghimbau kepada warga agar lebih aktif dalam melaksanakan ronda/siskamling guna menjaga keamanan dan ketertiban di Masyarakat, karena siskamling memiliki manfaat diantaranya:

1.Menjaga keamanan dari pencurian,perampokan dan tindak kriminal lainnya.
2.Sebagai upaya antisipasi dlm pengamanan masalah yang ditimbulkan adanya gangguan keamanan, musibah dan bencana alam.
3.Sarana mempererat tali silaturahmi.
4.Meningkatkan rasa kebersamaan warga.

Dan selalu berkoordinasi dengan aparat terkait.Khususnya Koramil karena Siskamling tidak hanya berguna untuk keamanan dan ketertiban masyarakat namun juga untuk pertahanan wilayah dalam sistem pertahanan semesta.

Kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi dalam bidang keamanan dan ketertiban merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna menumbuhkan sikap mental, kepekaan, dan daya tanggap setiap warga masyarakat dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban disetiap lingkungan masing masing. Dalam hal ini peran Koramil sebagai Aparat Komando Kewilayahan dengan Babinsa sebagai ujung tombaknya sangat penting dalam ikut serta membina siskamling diwilayah sebagai pertahanan NKRI.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer