BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Komsos Koramil 14/Pejagoan Dengan Warga Masyarakat Desa Kuwayuhan
Komsos Koramil 14/Pejagoan Dengan Warga Masyarakat Desa Kuwayuhan

Komsos Koramil 14/Pejagoan Dengan Warga Masyarakat Desa Kuwayuhan

Koramil 14/Pejagoan Kapten Caj Soeko bersama warga desa Kuwayuhan menggelar kegiatan komsos (1/1) membahas pentingnya penguatan ideologi Pancasila sebagai pondasi berbangsa dan bernegara, kegiatan yang bertempat di aula Desa Kuwayuhan tersebut dihadiri oleh 100 orang peserta Komsos

Dalam sambutannya, Danramil 14/Pejagoan mengajak kepada warga masyarakat agar tidak terpropokasi oleh isu yang akan memecah rasa nyaman dalam bermasyarakat, hal lain pula ditegasnya pentingnya sikap dan perilaku bela Negara harus dipersiapkan dan diasah sehingga tidak tumpul saat diperlukan suatu hari nanti. Nilai-nilai dasar yang perlu diketahui dan dipahami sudah mulai dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari dan kelak diperaktekkan dalam masyarakat.

Adapun 5 nilai dasar pentingnya berbangsa dan bernegara diantaranya rasa cinta tanah air, sebagai wujud cinta tanah air, warga Negara Indonesia harus bangga menjadi orang Indonesia; Kesadaran berbangsa dan bernegara, kesadaran tersebut diperoleh dengan pendidikan, pelatihan, tradisi, mengikuti organisasi dll. Tata cara makan, misalnya adalah latihan untuk tertib; Fondasi yang kokoh, fondasi Negara adalah 5 sila Pancasila. Pancasila tidak kita hafalkan tetapi merasuk dalam diri para siswa. Kalau siswa mengabaikan fondasi ini maka tidak akan ada adrenalin tidak ada retensi membela kepentingan Negara; rela berkorban. Warga Negara harus rela berkorban untuk prinsip kepentingan Negara dan bangsa, dan kemampuan fisik dan non fisik, kemampuan non fisik misalnya adalah bertakwa pada Tuhan YME.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer