BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 03/Banjarejo Kodim 0721/Blora Budidaya Tanaman Talas Bentul/Bogor
Koramil 03/Banjarejo Kodim 0721/Blora Budidaya Tanaman  Talas Bentul/Bogor

Koramil 03/Banjarejo Kodim 0721/Blora Budidaya Tanaman Talas Bentul/Bogor

Blora, 19 Mei 2015 Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin Melalui Danramil 03/Banjarejo Kapten Inf Sukemi bekerja sama dengan Kades Sembongin Kec. Banjarejo Bapak Muntaha bersinergis melaksanakan kegiatan menanam talas bentul Bogor dilahan seluas 200 m2, lahan milik ketua poktan tani makmur bapak Rosikin Ds. Sembongin Kec. Banjarejo Blora.

Kegiatan tanam talas ini, bagian program Pemerintah Kab. Blora melalui Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Blora bersinergis dengan Kodim 0721/Blora untuk mengembangkan tanaman Talas Bentul bogor sebagai upaya penyediyaan bahan baku makanan lokal dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin melalui Danramil 03/Banjarejo Kapten Inf Sukemi menjelaskan, Di Indonesia, talas dikonsumsi sebagai makanan pokok dan makanan tambahan. Talas mengandung karbohidrat yang tinggi, protein, lemak dan vitamin. Talas mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi. Umbi, pelepah daunnya banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan, obat maupun pembungkus. Daun, sisa umbi dan kulit umbi dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan ikan secara langsung maupun setelah difermentasi. Tanaman ini mempunyai keterkaitan dengan pemanfaatan lingkungan dan penghijauan karena mampu tumbuh di lahan yang agak berair sampai lahan kering.

Jenis Talas Bentul memiliki umbinya lebih besar dengan warna batang yang lebih ungu di banding Talas lainnya. Talas Bentul dapat dipanen setelah berumur 8 – 10 bulan dengan umbi yang relatif lebih besar dan berwarna lebih muda kekuning – kuningan. Asal mula tanaman ini berasal dari daerah Asia Tenggara, menyebar ke China dalam abad pertama, ke Jepang, ke daerah Asia Tenggara lainnya dan ke beberapa pulau di Samudra Pasifik, terbawa oleh migrasi penduduk. Di Indonesia talas bisa di jumpai hampir di seluruh kepulauan dan tersebar dari tepi pantai sampai pegunungan di atas 1000 m dpl., baik liar maupun di tanam. Di Indonesia khususnya di daerah Bogor terdapat berbagai jenis talas antara lain, Talas Sutera, Talas Bentul dan Talas Ketan. Jelas Danramil Kapten Inf Sukemi.

Dalam pelaksanaan kegiatan, dilaksanakan dengan cara gotong royong bersama, antara Kades Sembongin, personel Koramil 03/Banjarejo, Polsek Banjarejo, poktan, masyarakat serta Danramil 03/Banjarejo Kapten Inf Sukemi.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer