BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 03/Sulang BPBD Adakan Pelatihan Penanganan Darurat Bencana Pada Pelajar
Koramil 03/Sulang BPBD Adakan Pelatihan Penanganan Darurat Bencana Pada Pelajar

Koramil 03/Sulang BPBD Adakan Pelatihan Penanganan Darurat Bencana Pada Pelajar

Rembang- Bertempat di halaman sekolah SMK Walisongo Rembang, Serma Suranto anggota Babinsa Koramil 03/sulang bersama- sama dengan dinas BPBD kabupaten Rembang adakan pelatihan penanganan darurat bencana bagi siswa- siswi SMK Walisongo, Selasa (16-08/2016).

Materi yang diberikan dalam pelatihan yakni tentang penanganan kegawat daruratan medis untuk masyarakat awam dimana para siswa/ siswi diberikan tentang pengertian kegawat daruratan medis serta penanganan yang bisa diberikan oleh masyarakat awam. Para peserta diberikan materi dan praktek terutama tentang penanganan luka dan pemasangan bidai ( spalk ) apabila terjadi kecelakan yang mengakibatkan patah. Selain itu mereka juga diberi pengetahuan tentang pertolongan pertama pada kecelakaan, terutama bila menghadapi keadaan bencana.

Sedangkan materi yang diberikan oleh instruktur dari Kodim 0720 Rembang yaitu Serma Suranto adalah tentang pemasangan tenda jenis tenda pengungsi dan tenda keluarga. Setelah selesai mendengarkan materi dan praktek yang diberikan instruktur para peserta langsung melakukan praktek mulai dari persiapan, mendirikan tenda, kemudian membongkarnya kembali seperti semula sampai rapi.

Dari penilaian para instruktur setelah pelatihan siswa- siswi SMK Walisongo di anggap mempunyai kemampuan dasar untuk mendirikan tenda pengungsi dan tenda keluarga serta sudah menguasai pertolongan dasar medis. Diharapkan mereka bisa membantu apabila di daerah bencana khususnya di wilayah Kabupaten Rembang bila melakukan pengungsian atau evakuasi mereka bisa turun ke lokasi pengungsian.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer